12 Air Terjun Kalbar Terpopuler - Sebagai Surganya Borneo

Menurut Miri Hwang sebagai pakar kesehatan, aktivitas diarea kunjungan pada air terjun, berpotensi untuk meningkatkan energi manusia lebih dari 90 %.

Hal tersebut dikarenakan pada udara di lingkungan dekat air terjun memberikan sejumlah ion negatif 5 – 6 kali lipat lebih banyak dari lingkungan perkotaan padat/polusi (penting untuk ion positif dalam tubuh).
Inilah air terjun di kalimantan barat, wisata alam yg dimiliki sanggau ledo juga menjadi acuan destinasi, tidak hanya singkawang, ampar jawa pilihan milenial

Oleh sebab itu, jangan heran jika beberapa pengunjung atau peserta camping disekitaran air terjun merasakan perbedaan dalam tubuh mereka, seperti mengalami peningkatan fisik dan mental, padahal mereka secara sadar mengklaim kurang tidur (begadang di sekitaran air terjun).

Jika tak percaya, boleh kamu coba sendiri, sekurang-kurangnya istirahat, dengan menikmati kesegaran alami disekitaran alam air terjun, akan membuat kamu tetap semangat.

Belum lagi dengan rasa senang terhadap berkumpul sesama teman satu camping.

Dapat dikatakan kualitas udara di perkotaan sangat berbanding terbalik dengan kualitas udara di sekitaran air terjun.

Sehingga banyak penelitian yang mengungkapkan, bahwa untuk penyembuhan berbagai penyakit, si pasien harus mampu mengendalikan alam bawah sadarnya untuk tetap tenang dan wajib mendapatkan kualitas udara dan situasi kealamian yang baik.

Dalam hal demikian, lingkungan air terjun menjadi salah satu tempat alami yang paling tepat.

Selain untuk penyembuhan, kualitas lingkungan air terjun juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlancar sistem detoksifikasi tubuh dan yang sangat dicari-cari oleh pemburu curug adalah kelegaan pernafasan menjadi lebih baik dan sehat.

Tapi bagaimana dengan mereka yang hidup dan tinggal diperkotaan yang dipadati dengan kesibukan serta tanggung jawab?

Jika mengalami hal demikian, kamu bisa mencoba untuk mendownload atau mendengarkan audio therapy alam air terjun.

Bisa diakses melalui google playstore, youtube, atau podcast-podcast terkini.

Hal tersebut membantu untuk menenangkan pikiran, dan jika sudah menjadi kebiasaan, akan mengafirmasi secara baik pada alam bawah sadar, sehingga beban, pikiran kotor dll tidak merangsek alam bawah sadar kamu.

Untuk pengendalian alam bawah sadar secara positif, kamu wajib membaca buku “Value your life” yang ditulis oleh Bapak Onggy Hianata.

Semuanya dibahas secara terperinci, mudah dicerna, dan benar-benar gampang dipraktekkan.

Salah satu dari sekian banyak anjuran pada buku tersebut adalah dengan mengunjungi air terjun, untuk membentuk alam bawah sadar yang lebih baik dan berpotensi untuk mengendalikan fokus dalam mengejar impian/karir/karakter yang kuat.

Jika kamu bertanya, daerah mana yang masih memiliki kehijauan alami, tanpa hiruk pikuk manusia, polusi dan lain lain?

Pulau Kalimantan menjadi pilihannya.

Banyak beberapa tourist luar, yang rela bersusah payah ketika melalui akses / trekking menuju salah satu air terjun yang ada dikalimantan barat.

Hal tersebut dilakukan, hanya untuk mendapatkan seperti yang saya tuliskan pada pembukaan artikel ini, atau Penelitian.

Ternyata begitu pentingnya ketenangan, sampai harus mengorbankan waktu, uang dan tenaga.

But… inilah Kalimantan.

Baiklah, bagi kamu yang mungkin berdomisili di Kalimantan barat, berikut saya bagikan 12 Air terjun terindah dan beberapa pengunjung yang pernah berkunjung mengatakan inilah “Surganya kalimantan barat”.

1. Riam atau Air terjun Dait
Destinasi wisata ini terletak di Dusun Sekendal, Kec Air Besar, Kab Landak, jarak dari Kota Pontianak hingga ke Spot Riam, sekitar 7 – 9 Jam.
Inilah air terjun di kalimantan barat, wisata alam yg dimiliki sanggau ledo juga menjadi acuan destinasi, tidak hanya singkawang, ampar jawa pilihan milenial
Pemandangan Riam Dait Tingkat 2

Cukup jauh dari hiruk pikuk perkotaan, membuat riam dait menjadi pilihan pengunjung untuk melakukan refereshing alami.

Belum lagi air terjun ini menyajikan 7 tingkatan spot riam, dilakukan dengan perjalanan dan pendakian bukit, tentu menyajikan pengalaman eksplore yang luar biasa bukan?

2. Air Terjun / Riam Bananggar
Untuk air terjun yang digadang-gadang Niagaranya Indonesia ini, masih terletak di Kec Air Besar, Kab Landak, yaitu diantara Dusun Tauk dan Perbuak.

Untuk menuju ke lokasi, memang lebih jauh dari Riam Dait, dan jalur aksesnya lebih parah ketimbang jalur menuju riam dait.

Walaupun untuk 2019 ini, akses untuk menuju ke riam dait kurang lebih melelahkan alias membutuhkan keahlian khusus, terlebih setelah kejadian banjir yang menyebabkan beberapa jembatan utama dusun sekendal hingga ke riam dait mengalami ambruk dan putus.

Riam Bananggar memiliki beberapa nama sebutan unik, seperti; Melanggar, Manangar, Banangar dll.

Untuk kejernihan air, memang Air Terjun ini bukanlah berasal dari bukit atau air kali sejenisnya, tapi lebih pada aliran sungai tanah/lumpur (Sungai Landak).

Jadi ketika pengunjung sampai kesini, diharapkan untuk tidak mengonsumsi atau menggunakan sumber air tersebut untuk mengolahkan makanan atau minuman.

Perihal air bersih, kamu bisa mendapatkannya disebelah muka riam bananggar, yang sampai saat ini masih mengalirkan air terjun kecil (Air pancur) yang berasal dari perbukitan.

Sumber air ini dianggap lebih bersih dari pada menggunakan sumber air langsung dari aliran sungai riam manangar.

Tapi untuk pemandangan, Riam yang memiliki ketinggian 60 m dan lebar 60 meter ini, menyajikan pesona megah, layaknya seperti tirai raksasa yang membentang.

Ditambah sekitaran hutan lindung yang benar-benar menyegarkan jiwa bagi siapa saja yang melakukan camp ditempat.

Kelemahan untuk saat ini masih terletak pada akses jalan yang sulit, ( Tanah kuning, menanjak, bebatuan, dan turunan yang lumayan membahayakan jika pengunjung minim pengalaman dalam melakukan off road ).

3. Riam Ampar Jawa
Untuk air terjun yang satu ini terletak di Dusun Perbuak, alias diseberang Utara dari Riam bananggar.

Setidaknya butuh waktu 1 – 3 Jam perjalanan dari batas simpang tiga ketika menemukan gerbang masuk Riam Bananggar, sampai Ke muka Dusun Perbuak.
Inilah air terjun di kalimantan barat, wisata alam yg dimiliki sanggau ledo juga menjadi acuan destinasi, tidak hanya singkawang, ampar jawa pilihan milenial
Pemandangan Air Terjun Ampar Jawa Dari Bawah Tebing
Sumber Gambar: travedisi.blogspot.com

Air terjun yang memiliki ketinggian 50an Meter ini, terletak ditengah belantara hutan dusun perbuak, sekitar 1 – 2 Jam perjalanan (dengan berjalan kaki) untuk sampai ke areal perbukitan riam.

Area riam ampar jawa, lebih didominasi areal perbukitan serta banyak jurang, jadi diharapkan sangat berhati-hati dalam melakukan pijakan ketika menyusuri mendekati muka Air Terjun.
Baca Juga: Kesunyian Damai Belantara Borneo - Kendaraan Tunggang Langgang untuk Mencapainya
Lokasi riam, sangat tidak direkomendasikan untuk camping, karena sangat sulit menemukan medan datar, serta berbahaya untuk kemungkinan-kemungkinan lainnya.

Oleh sebab itu, dapat memanfaatkan salah satu pondok warga yang disiapkan untuk pengunjung sebagai checkpoint ketika akan melakukan SUMMIT ke air terjun.

Waktu Summit sekitaran 40 – 60 menit, tergantung kemampuan.

Dan pengunjung harus terbiasa akan pacat atau lintah yang doyan mengisap darah siapa saja yang dihinggapinya.

4. Riam Bedawat
Masih disekitaran Serimbo alias Kec Air Besar, tepatnya berada di Dusun Dange Aji. Air terjun yang memiliki beberapa patahan indah ini menjadi pilihan beberapa traveller, terutama muda mudi Pontianak.

Jarak tempuh dengan berjalan kaki dari Ds Dange Aji sekitar 5 – 6 jam, dengan jalur trekking menanjak, menurun dan beberapa spot terdapat jurang yang harus dilewati.
Inilah air terjun di kalimantan barat, wisata alam yg dimiliki sanggau ledo juga menjadi acuan destinasi, tidak hanya singkawang, ampar jawa pilihan milenial
Pemandangan Riam Bedawat Dari Bawah

Inilah air terjun di kalimantan barat, wisata alam yg dimiliki sanggau ledo juga menjadi acuan destinasi, tidak hanya singkawang, ampar jawa pilihan milenial
Aliran Sungai Riam Bedawat

Jika kamu sudah menginjakkan kaki di bedawat, jangan lupa untuk melanjutkan perjalanan menuju Riam Unga yang hanya terpaut jarak 1 jam. Di Jamin indah dan bikin betah.

Sebagai tambahan, pengunjung akan dimanjakan dengan melihat berterbangan beberapa burung enggang gading disekitar perjalanan Bedawat menuju spot Air terjun Unga.
Note: Burung Enggang Gading salah satu hewan Endemik Kalbar. DI LINDUNGI !!

5. Riam Terinting
Air terjun ini memiliki 2 pilihan jalur masuk, bisa melalui Dusun Engkangin atau Dusun Jamu, masih terletak di Kec Air Besar, Kab Landak.
Inilah air terjun di kalimantan barat, wisata alam yg dimiliki sanggau ledo juga menjadi acuan destinasi, tidak hanya singkawang, ampar jawa pilihan milenial
Pemandangan Riam Terinting dari bawah tebing

Untuk jarak tempuh perjalanan dengan jalan kaki bisa memakan waktu 6 – 7 Jam, tergantung dari kecepatan dan daya tahan tubuh pengunjung.
Baca Juga: Selayang Pandang Informasi Air Terjun Terinting
Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hijau hutan tropis khas Kalimantan, dan tentunya… PACAT !

6. Riam Marum
Sekarang kita beranjak ke hilirnya Kalimantan Barat, Air terjun Marum terletak di Kabupaten Bengkayang, Kec Tujuh Belas, Desa Pisak, Dusun Dawar.

Air terjun yang terletak di Cagar Alam Hutan Gunung Niut ini menyajikan berbagai keindahan alami, beberapa di antaranya, jernih nya air, lebatnya hutan yang membungkus sekitar spot riam dan masih banyak lagi.
Inilah air terjun di kalimantan barat, wisata alam yg dimiliki sanggau ledo juga menjadi acuan destinasi, tidak hanya singkawang, ampar jawa pilihan milenial
Pemandangan Riam Marum dari tepian batu

Sangat cocok bagi kamu yang menyukai berburu wisata alam minat khusus.

Untuk detail letak air terjun kamu bisa bertanya langsung terhadap warga sekitar, jika sudah sampai di sekitaran Desa Pisak.

Yang pastinya letak air terjun Marum tidak terlalu jauh dari lokasi Desa, hanya memakan waktu 10 – 15 menit untuk sampai ke spot riam )

7. Air Terjun Merasap
Masih di Kab Bengkayang, Kec Tujuh Belas, terletak di hilir aliran sungai Riam Marum terdapat air terjun yang cukup terkenal di Kalimantan barat, yaitu Riam Merasap.

Dikarenakan akses yang tidak terlalu sulit, serta dapat menggunakan kendaraan roda empat, menjadikan air terjun ini selalu ramai di akhir pekan.
Inilah air terjun di kalimantan barat, wisata alam yg dimiliki sanggau ledo juga menjadi acuan destinasi, tidak hanya singkawang, ampar jawa pilihan milenial
Pemandangan Riam Merasap dari Atas tebing

Inilah air terjun di kalimantan barat, wisata alam yg dimiliki sanggau ledo juga menjadi acuan destinasi, tidak hanya singkawang, ampar jawa pilihan milenial
Aliran sungai Riam Merasap, lumayan deras, tidak direkomendasikan untuk berenang. BERBAHAYA !!

Dan di sekitaran Kawasan parkir terdapat juga Gua Maria ( Salah satu Tempat ibadahnya Umat Agama Katolik ).
Baca Juga: Destinasi Wisata Riam Merasap Kalimantan Barat

8. Riam Pangar
Masih satu aliran dengan Riam merasap, yang terletak disebelumnya.

Biasanya di Pangar menyediakan paket penyewaan destinasi adrenalin perahu karet, layaknya Olahraga Arum Jeram.
Inilah air terjun di kalimantan barat, wisata alam yg dimiliki sanggau ledo juga menjadi acuan destinasi, tidak hanya singkawang, ampar jawa pilihan milenial
Pemandangan Riam Pangar dari tingkat dasar

Inilah air terjun di kalimantan barat, wisata alam yg dimiliki sanggau ledo juga menjadi acuan destinasi, tidak hanya singkawang, ampar jawa pilihan milenial
Pemanangan Riam Pangar Tingkat 2 ketika Air Sedang Pasang

Beberapa pengunjung juga kerap bermalam dengan berkemah di sekitaran riam Pangar. Karena suasananya terkenal damai dan menenangkan.
Baca Juga: Inilah Alasan Riam Pangar Kalbar Wajib Anda Kunjungi
Tapi, jika berkemah disini, pengunjung harus berhati-hati dalam memilih spot pemasangan tenda, karena Riam Pangar berpotensi mengalami air pasang (BAH), jika pada pukul 17:00 ke atas.

9. Riam Ampang
Lokasi spot camp air terjun ini menjadi pilihan beberapa pengunjung yang ingin berkemah, karena selain indah, lumayan ditemukan banyak lokasi datar yang cocok buat pemasangan tenda, walau dipenuhi beberapa batu kali (bulat).
Inilah air terjun di kalimantan barat, wisata alam yg dimiliki sanggau ledo juga menjadi acuan destinasi, tidak hanya singkawang, ampar jawa pilihan milenial
Pemandangan Santai di Riam Ampang, cocok untuk kemah

Inilah air terjun di kalimantan barat, wisata alam yg dimiliki sanggau ledo juga menjadi acuan destinasi, tidak hanya singkawang, ampar jawa pilihan milenial
Pemandangan muka Riam Ampang

Lokasi masih, di Desa Pisak, Kec Tujuh Belas, Sanggau Ledo, Kab Bengkayang.

Untuk masuk kesini, pengunjung hanya membayar biaya parkir dengan harga Rp.5000,- per motor (2017).

Jarak tempuh dari lokasi parkir sampai ke spot air terjun ampang, sekitar 15 – 30 Menit.

Sangat dekat !

10. Air Terjun Berawan
Kita beranjak ke Daerah yang lebih Hilir, yaitu Kec Seluas, Kab Bengkayang, tepatnya di Dusun Biang, Desa Bengkawan.

Jarak tempuh dari pusat pasar Sanggau Ledo hingga ke gerbang selamat datang Riam Berawan kurang lebih 1 – 2 Jam, dengan menggunakan kendaraan Roda Dua.
Inilah air terjun di kalimantan barat, wisata alam yg dimiliki sanggau ledo juga menjadi acuan destinasi, tidak hanya singkawang, ampar jawa pilihan milenial
Pemandangan Riam Berawan yg terletak di areal Lembah

Inilah air terjun di kalimantan barat, wisata alam yg dimiliki sanggau ledo juga menjadi acuan destinasi, tidak hanya singkawang, ampar jawa pilihan milenial
Ketinggian yg terdata 75 Meter

Untuk menuju Dusun Biang dari muka gerbang, kira-kira memakan waktu 1 – 2 Jam, dengan trek masih tanah kuning, menanjak, menukik, dan menurun (2016).

Setelah sampai di Dusun, dilanjutkan perjalanan masuk hutan dengan lebar jalan kurang dari satu meter, alias melewatii jalur warga desa berkebun, sekitar 30 – 40 Menit.

Setelah sampai batas hutan untuk pengendaraan sepeda motor, pengunjung wajib memarkirkan kendaraan dan membayar Uang parkir/masuk sebesar Rp.10.000 kepada penjaga yang masih sebagai Warga Desa setempat.

Dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 15 – 30 Menit, untuk sampai ke lembah muka Riam Berawan.

Dari beberapa sumber menyebutkan, ketinggian riam berawan mencapai 75 Meter, dengan kedalaman kolam yang sangat dalam.
Baca Juga: Selayang Pandang Pesona Alam Air Terjun Berawan Bengkayang
Pengunjung diharapkan berhati-hati ketika mengunjungi Riam berawan, terlebih yang melakukan kunjungan pada siang atau sore hari.

Hal tersebut dikarenakan aturan kunjungan, hanya dianjurkan sampai jam 16:00 saja, dikhawatirkan jika lewat dari waktu tersebut, aliran air terjun menjadi lebih besar dari sebelumnya ( Air Bah ).

11. Air Terjun Manajur
Masih terletak di Kab Bengkayang, tapi kita kembali pada kecamatan sebelumnya, yaitu Sanggau Ledo, Kec Tujuh Belas, Desa Laek (PAKET D).

Air Terjun Manajur terletak lumayan jauh dari permukiman desa, tapi masih bisa di tempuh dengan kendaraan roda dua (tidak disarankan menggunakan roda empat).
Inilah air terjun di kalimantan barat, wisata alam yg dimiliki sanggau ledo juga menjadi acuan destinasi, tidak hanya singkawang, ampar jawa pilihan milenial
Riam Manajur salah satu yg termegah, debitnya luar biasa, berbahaya jika berenang terlalu ketengah.

Karena pada 2018 lalu, ketika sampai di Air terjun Manajur masih terdapat jalur tanah kuning yang lumayan menyulitkan (kondisi hujan), belum lagi jalur trek setelah melewati Desa, terdapat ruas jalan yang hanya memiliki lebar tidak lebih dari 2 meteran.

Ketika sampai di muka jalur masuk Riam Manajur, pengunjung diharapkan memarkirkan kendaraan, dan melanjutkan jalan kaki menuju kebawah spot Riam.

Jarak tempuh perjalanan hanya sekitaran 10 menitan.

Tidak direkomendasikan untuk membuat camp, karena berpotensi terjadinya air bah, terkecuali bagi yang sudah berpengalaman membaca situasi dan memilih tempat yang kemungkinan tidak terkena air bah (jika memang terjadi).

12. Air Terjun Unga
Riam yang terletak di Dusun Dange Aji, Kec Air Besar, Kab Landak ini merupakan bonus dari kekayaan alam sekitar Riam Bedawat.

Terletak di hulu persimpangan aliran sungai bedawat. Menjadikan Riam iini sebagai penghujung air terjun yang ada di sekitaran hutan lindung Ds Dange Aji.
Inilah air terjun di kalimantan barat, wisata alam yg dimiliki sanggau ledo juga menjadi acuan destinasi, tidak hanya singkawang, ampar jawa pilihan milenial
Pemandangan Air Terjun Unga dari tingkat dua

Sangat disayangkan, jika pengunjung melewatkan air terjun yang memiliki banyak patahan dan terkenal tinggi ini.

Karena hanya terletak 1 jam dari Riam Bedawat.

Demikianlah beberapa daftar air terjun indah yang terdapat di Kalimantan barat, semoga apa yang dibagikan dapat berguna bagi kamu, wahai pembaca setia guidofamula.com.

Kedepannya jika terdapat/menemukan beberapa air terjun di Kalbar khususnya, akan saya update sesuai dengan pengalaman saya pribadi atau berdasarkan info kawan-kawan traveling lainnya.

Kurang dan lebihnya pada artikel ini, mohon dimaafkan.

Jika terdapat pertanyaan, saran atau komentar, silahkan cantumkan pada kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih.
Guido Famula Seorang Penulis Online yang menyukai Traveling, Aset digital, Marketing dan Social Media. ~ Beranjak dan Menulislah ~

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "12 Air Terjun Kalbar Terpopuler - Sebagai Surganya Borneo"

Posting Komentar

Komen yang santhuy ya, jaga jari dari bahasa-bahasa Kebun Binatang, Umpatan dan bahasa jenis kelamin lainnya.

Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel