Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Fakta Cara Dapatkan Uang Hanya Dengan Jalan-jalan

Uang travel blogger dari mana duitnya? kerjanya ngapaian aja selain jalan-jalan?

Kalau hanya sekedar jalan-jalan, lalu pundi-pundi keuntungan mengalir deras ke rekening bank, enak dong !, siapapun bakalan mau jadi traveling atau pelancong.

Tidak semudah itu wahai netizen. Jadi begini:

Para traveler yang biasa kamu baca artikel atau menonton videonya, mereka bukan hanya sebatas jalan-jalan, foto-foto, makan tidur lalu pindah ke daerah lain.
Inilah cara pengangguran mendapatkan uang, dapat melalui internet atau yg kita kenal google, bisnis sambil jalan jalan, cocok untuk yg hobi traveling
Sumber gambar: blog.reservasi.com

Singkat saja, mereka melakukan dengan yang namanya sharing and caring, menyajikan kisah, mengulas suatu tempat yang pernah dikunjunginya, setelah itu melakukan share pada masing-masing platform yang biasa para traveler gunakan, seperti: Instagram, youtube, blog, website pribadi, dan lain sebagainya yang bersifat publik.

Semakin mereka sering berbagi info, tips, tutorial atau ulasan, dan mendapatkan sinyal positif terhadap/dari audience, pembaca atau penontonnya, tentu akan memberikan dampak yang baik terhadap popularitas si traveler/pejalan tersebut.

Oleh karena itu, banyak beberapa agen, produk dan media yang mengincar (kontrak) mereka para travel blogger/vlogger ternama, lalu terjadilah kontrak sana kontrak sini, dan duit pun menghampiri.

Berikut contoh travel blogger yang dapat dikatakan sukses dibidangnya:
– Fahmi dengan catperku.com,
– Anggey dengan @her_journey,
– Melissa dengan @girleatworld,
– Muhammad Adi Mariyanto dengan cumilebay.com,
– Wira Nurmansyah dengan wiranurmansyah.com,
– Adis dengan whateverbackpacker.com
- Dan masih banyak lagi, seperti nakedtraveler dll.

Penghasilan traveler pun bermacam ragam, ada yang dari kerja sama media/endrose, google adsense, jualan produk sendiri atau dilirik langsung oleh para agen-agen perjalanan untuk dijadikan ambasador.

Yang terpenting adalah setiap traveler dituntut untuk memiliki kemampuan atau skill sesuai dengan yang diminatinya, seperti menulis, fotography, videography, voice over, jualan online dan lain-lain.

Jika kamu suka traveling, menuliskan ulasan perjalanan dan jepret-jepret, sangat penting rasanya kamu mengetahui cara mendapatkan uang melalui hobby tersebut.

Lumayankan, kamu bisa menjadikan self-employ, siapa tahu rejeki utama kamu disini?

Baiklah langsung saja:

1. PENULIS LEPAS ( FREELANCE WRITER )
Hal tersebut dikarenakan setiap penulis blog traveling pasti memiliki skill ini, yaitu menulis.
Inilah cara pengangguran mendapatkan uang, dapat melalui internet atau yg kita kenal google, bisnis sambil jalan jalan, cocok untuk yg hobi traveling
Sumber gambar: thenasforum.com

Dengan demikian kamu bisa menjual skill tersebut, banyak platform yang bisa kamu jadikan lapak jualan jasa menulismu, seperti berikut:
– Sribulancer
– Phinemo
– IDNtimes
– Traveling yuk
– Blog kamu sendiri, dengan membuat pengumuman pada blog, bahwa kamu menyediakan jasa tulis, bisa kamu letakkan pada sidebar, header atau halaman navigasi.

Untuk pendapatan atau gaji travel blogger dalam menulis sangat bervariatif, tergantung dari nilai keahlian dan popularitas si Penulis, atau tergantung dari platform yang kamu mendaftar sebagai penulis.

2. OPEN SLOT ADVERTISER (SLOT IKLAN MANDIRI)
Cara menjadi travel blogger memang susah-susah gampang, intinya konsisten dan jangan terburu-buru untuk menjadikan ini sebagai profesi utama.
Inilah cara pengangguran mendapatkan uang, dapat melalui internet atau yg kita kenal google, bisnis sambil jalan jalan, cocok untuk yg hobi traveling
Sumber gambar: mangyono.com

Intinya pandai-pandailah memanajemen kehidupan dalam tanggung jawab, keinginan dan hobby.

Nah… selain dengan memasang ‘google adsense’, kamu juga dapat membuat slot iklan mandiri pada blog kamu, yg dibuat pada bagian sidebar, header atau dalam laman postingan tulisanmu.

Sediakan banyak pilihan terkait dengan pilihan size banner calon pengiklan, seperti "300 x 250", "200 x 200", "720 x 90" dan lain sebagainya.

Karena blog kamu tentang traveling, sebagai saran-kamu dapat menerima topik tawaran iklan di seputar jalan-jalan, penginapan atau kaos-kaos traveling.

Bisa juga dengan mengaitkan langsung iklan marketplace produkmu sendiri, baik itu dari bukalapak, shoppe atau tokopedia.

3. AFFILIASI MARKETING
Cara jadi traveler yg dibayar salah satunya bisa dengan menjadi affiliator, dalam memulai affiliasi tidak terlalu sulit, hanya saja dibutuhkan treatment khusus, baik itu teknik penyusunan konten atau tulisan, dan yang terpenting adalah bagaimana system SEO/marketingnya, agar dapat menjamah keseluruh target pasarmu.
Inilah cara pengangguran mendapatkan uang, dapat melalui internet atau yg kita kenal google, bisnis sambil jalan jalan, cocok untuk yg hobi traveling
Sumber gambar: niagahoster.co.id

Jika kamu menginginkan pasif income tambahan, tak ada salahnya untuk mencoba menjadi affiliator.

Profesi traveller sebagai affiliator juga sangat mendukung dengan aktivitas pelancong pada umumnya, beberapa diantaranya; kamu bisa melakukan affiliasi tiket penerbangan, jasa open trip, atau produk-produk lainnya yang berhubungan dengan kegiatan sebagai traveller.

Singkat runutnya seperti berikut:
Tugas kamu hanya mendaftar sebagai affiliasi terkait, lalu mendapatkan link unik kamu sendiri.

Setelah mendapatkan link tersebut, kamu membuat konten tulisan atau video, dimana sesuai dengan konten iklan affiliasi kamu.
Ayo gabung sekarang juga, komisi seumur hidup loh, sebagai langkah untuk memulai pasif income, demi kebebasan financial.
Lalu kamu mengajak para pembaca atau penontonmu untuk melakukan pendaftaran, pembelian, atau berlangganan melalui link affiliasi yang sudah kamu sematkan.

Berikut list website perjalanan yang menyediakan affiliasi:
– Tripadvisor
– tiket.com
– agoda.com
– atau dengan mencari kata kunci di google ” affiliate travel indonesia “

4. MENYEDIAKAN JASA REVIEW
Menghasilkan uang dari traveling memang tak jauh-jauh dari ulas-mengulas, Bahasa kerennya adalah Review.

Tentu jika kamu jalan-jalan ke Profil instagram yang notabene sebagai traveler terkenal (travelgram), beberapa diantara postingan feednya, bakal banyak ditemukan kemitraan produk/jasa berbayar, yang dikenal dengan sebutan Paid promote dan endorsement.
Inilah cara pengangguran mendapatkan uang, dapat melalui internet atau yg kita kenal google, bisnis sambil jalan jalan, cocok untuk yg hobi traveling
Sumber gambar: ilhamsadli.com

Pada era sebelum Instagram booming, beberapa travel blogger lebih banyak melakukan postingan berbayar (mitra jasa review) pada blog website pribadinya.

Walau demikian, dewasa ini para penulis traveling masih tetap membuka jasa review pada blog website mereka.

Terkesan lawas, tapi penyusunan konten review pada media blog lebih banyak di sukai brand-brand atau agen besar, karena sajian konten yang diulas dapat lebih lebar dan luas, berbeda dengan platform sosial media yang dibatasi dengan karakter tulisan dan konten.

Menyikapi hal tersebut, tak ada salahnya jika kamu menyiapkan keduanya, membuka jasa review melalui sosmed dan blog pribadi.

Tapi sebelumnya, perhatikan dulu tingkat banyaknya pengunjung berdasarkan statistik.

Pada bagian ini, blog kamu harus sudah memiliki pengunjung yang lumayan banyak, setidaknya sekitaran 10.000 – 100.000 visitor perhari.

Sebelumnya kamu wajib membuat rate card dan portofolio (jika ada).

Dalam rate card tersebut kamu menyebutkan harga jasamu, statistik pengunjung, demografi pengunjung website/blogmu dan info penting lainnya.

Pekerjaan yang bisa dilakukan dengan keliling Indonesia ataupun mungkin dunia, percaya tidak percaya, salah satunya yang menopang kehidupan ekonomi beberapa traveler, ya dengan hasil jasa review ?!

Perbulan bisa puluhan hingga ratusan juta loh, (untuk travel blogger kelas kakap)

Oh iya, Jangan lupa juga, untuk menampilkan data statistik pengunjung berdasarkan Google Analytic, agar lebih kredibel dimata calon kemitraanmu.

Review apa saja yang biasa ditawarkan oleh calon pembeli jasa review?
– Restoran atau tempat kuliner
– Resort, hotel atau penginapan
– Tempat wisata, toko traveling dan sebagainya.

Selain dibayar dan transport/akomodasimu ditanggung, kamu juga mendapatkan jalan-jalan gratis, apalagi jika calon klien berada diluar kota asalmu.

Asyik kan?

Cara menjadi travel blogger itu sebenarnya gampang, selain gratis ketika memulai (modal blogspot), bagi yang merasa pemula pun dapat langsung untuk memulai.

Bagian tersulit adalah, bagaimana untuk tetap konsisten dan melakukan perkembangan seiring majunya zaman, seperti persiapan peralatan penunjang salah satu diantaranya Kamera dan teknik penggunaanya.

Penting dan tidak penting, kamera dan teknik pengambilan memiliki peran tersendiri untuk membawa si penulis menjadi travel blogger yang memiliki nilai beda.


Selain bisa menambah konten tulisan di blog, kamu juga bisa jalan-jalan gratis dan dibayar.

Tapi ingat tanggung jawab, kamu harus menguasai teknik review, jangan sampai menjelek-jelekkan atau melebih-lebihkan objek yang kamu review.

Jujur dan beretikalah dalam menulis review.

5. MENJUAL FOTO
Bisnis menjual gambar dapat dikatakan usaha alternatif para traveler.
Kan sayang tuh, banyak photo hasil travelingmu menumpuk di hard disk komputer atau memori HP, akan lebih menguntungkan, jika photo tersebut untuk dijual.
Cara menghasilkan uang dari gambar itu pun tidak sulit, hanya saja tantangannya kamu dituntut untuk menjadi kreatif dan memiliki tingkat skill photography menengah ke atas.
Inilah cara pengangguran mendapatkan uang, dapat melalui internet atau yg kita kenal google, bisnis sambil jalan jalan, cocok untuk yg hobi traveling
Sumber gambar: klikmania.com

Bagi para travel blogger, kegiatan photography bukanlah sesuatu yang asing, terlebih karena hal tersebut menjadi kewajiban para blogger jalan-jalan sebagai penyaji konten.

Jika menulis dan photography sudah menjadi hobby, sangat penting kiranya untuk mengupgrade kedua hal tersebut, salah satunya dengan bereksperimen bagaimana untuk dapat menghasilkan photo yang memiliki keunikan dan nilai jual tinggi.

Jadilah unik dan bernilai.

Selain untuk dijual, penyajian gambar atau photo juga penting demi memberikan warna pada tulisanmu (Jika memang kamu ingin menjadi travel blog photography)

Masa iya, tulisan traveling tidak menggunakan gambar atau photo?

Jadi kayak koran jadul dong?

Nah… Selain kamu menyiapkan photo untuk konten, tak ada salahnya untuk mempersiapkan beberapa photo hasil jepretanmu untuk dijual.

Kamu bisa menjualnya di Shutterstock Photo, dengan menjadi contributor.

Jika hasil fotomu di approve dan terpajang dilaman website shutterstock, kamu hanya tinggal menunggu komisi penjualan photomu, jika ada client yang mendownload photomu.

Bukan hanya foto traveling yang bisa dijual, semisal kamu dapat mengoperasikan software corel draw atau adobe illustrator, kamu juga bisa menjual hasil karyamu, baik itu logo, background, vector atau menjual gambar anime.

Cara mendapatkan uang dengan fotografi tak melulu harus menggunakan kamera mahal, cukup dengan smartphone kamu bisa berkarya juga. ( terlebih kamera smartphone 2018 keatas sudah mumpuni untuk menghasilkan karya foto yang baik )

Seperti saya pribadi masih menggunakan kamera smartphone dalam pengambilan gambar untuk di upload ke shutterstock, walau sesekali menggunakan action cam, tapi saya merasa lebih enak dan simple jika menggunakan kamera smartphone.

Intinya, walaupun menggunakan smartphone, wajib mengetahui teknik dasar dalam pengambilan frame objek yang ingin di shoot, sisanya mainkan kreatifitas alam bawah sadar.

Berikut contoh portofolio saya, yang hanya menggunakan peralatan seadanya, yaitu SMARTPHONE.
Inilah cara pengangguran mendapatkan uang, dapat melalui internet atau yg kita kenal google, bisnis sambil jalan jalan, cocok untuk yg hobi traveling
Contoh foto yg saya upload di shutterstock
Bagi yang minat, jangan sungkan untuk didownload yah 🙂
Jika tertarik untuk bergabung, kamu bisa join di shutterstock contributor disini

Selain shutterstock, kamu juga bisa mencoba untuk menjadi contributor di Fotolia, dreamstime, istockphoto, atau bigstockphoto.

6. MENJUAL FOOTAGE (VIDEO)
Cara mendapatkan uang dari internet itu susah, dan sangat susah.
Inilah cara pengangguran mendapatkan uang, dapat melalui internet atau yg kita kenal google, bisnis sambil jalan jalan, cocok untuk yg hobi traveling
Sumber gambar: usethetip.com

Akan tetapi mencari ladang usaha atau pekerjaan di internet itu sangatlah mudah, jika kamu merasa jago menulis, kamu bisa membuat blog atau menjadi penulis bayaran disalah satu situs ternama.

Apapun keahlian atau softskill yang kamu miliki, dapat kamu realisasikan di internet (tanpa orang dalam).

Bagian yang tersulit adalah bagamana cara tersebut bisa menghasilkan dan terus konsisten, karena pada kenyataanya, di internet memiliki saingan yang luar biasa, baik itu kompetitor lokal hingga mancanegara.

Banyak diantara konten kreator, khususnya Indonesia berbondong-bondong ke Youtube, motifnya beragam, ada yang ingin meningkatkan personal branding, promosi, jualan, atau hanya menjadi youtuber tanpa perlu esensi mengapa, kenapa dan tujuannya untuk apa, dan mungkin hanya untuk ingin terkenal?

Jika berbicara tentang youtube, otomatis akan merujuk pada Video.

Nah, masih di sekitaran shutterstock, bahwa selain menjadi konten creator di youtube.

Tak ada salahnya kamu mencoba untuk menjadi contributor shutterstock, dengan menjual footage video.

Footage yang dijual sangat beragam dan durasi tak perlu Panjang-panjang, cukup 00:10 detik – 01:00 menitan.
Inilah cara pengangguran mendapatkan uang, dapat melalui internet atau yg kita kenal google, bisnis sambil jalan jalan, cocok untuk yg hobi traveling
Contoh footage yg saya upload di shutterstock

Sistem penjualannya berdasarkan berapa banyak orang diseluruh dunia yang mendownload footage video pada portofolio mu.

Dalam hal ini, jika kamu berniat menjadi contributor footage, yang dituntut adalah kreatifitas kamu dalam memburu objek, sudut pengambilan dan kejernihan. (tanpa editan bila perlu)

Keuntungannya video footagemu menjadi lebih ekslusif, tidak bisa didownload gratis oleh oknum netizen diluar sana, kecuali jika mereka mau membayar.

Berikut SS footage video saya yang telah di setujui oleh shutterstock.

Lumayan juga loh dollarnya, kalau ada yang download/beli 🙂
Jika kamu tertarik, kamu bisa mendaftar menjadi contributor footage disini.


Baiklah, sekian artikel ini terkait 6 Cara Masuk Akal Dapatkan Uang Dari Hobby Traveling – sebagai travel blogger/vlogger

Jika terdapat kesalahan, komentar dan saran, kiranya dapat langsung dicantumkan pada kolom komentar dibawah ini. Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan.

Terima kasih, salam lestari.
Guido Famula
Guido Famula Seorang Penulis Online yang menyukai Traveling, Aset digital, Marketing dan Social Media... ~ Beranjak dan Menulislah ~

Posting Komentar untuk "6 Fakta Cara Dapatkan Uang Hanya Dengan Jalan-jalan"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi