Fakta Gunung Everest Bukanlah Puncak Tertinggi di Dunia ?

Kita semua sepakat bahwa Gunung Everest merupakan puncak tertinggi di dunia, oleh sebab itu banyak dari beberapa pendaki professional memimpikan untuk menginjakkan kaki pada pucuk dataran yang terletak di Perbatasan Nepal dan Tibet tersebut.
Secara pandangan fisik normal, mount everest sebagai puncak tertinggi, namun ternyata ada yg lebih tinggi yaitu gunung mauna kea yg terdapat di hawai
Gunung Everest
Sumber gambar: geology.com

Namun siapa sangka, gelar gunung tertinggi di bumi ternyata bukan Si putih Everest, melainkan Gunung Mauna Kea yang terletak di Kepulauan Hawaii.

Kok bisa?

Simak terus artikel ini sampai selesai, agar kamu tidak pingsan penasaran hehe.

Pada perhitungan ketinggian Gunung Mauna Kea yang telah terukur secara scientist, memiliki ketinggian 4.207 MDPL ( Meter di atas permukaan laut ), sekitar 13.796 kaki.

Mauna Kea merupakan sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Hawai, Amerika Serikat
Lalu bagaimana ketinggian pada gunung dihitung melalui batas terendah atau batas paling bawah puncak?
Mauna Kea yang berada di dasar laut Samudra Pasifik, memang Layak dikatakan tertinggi di Dunia – yang digadang-gadang mengalahkan ketinggian Puncak Gunung Everest.
Secara pandangan fisik normal, mount everest sebagai puncak tertinggi, namun ternyata ada yg lebih tinggi yaitu gunung mauna kea yg terdapat di hawai
Sumber gambar: geology.com

Jika diukur keseluruhan (Dasar gunung yang dibawah permukaan laut), Mauna Kea memiliki ketinggian 10.000an meter, beberapa ribu meter lebih tinggi dibandingkan Gunung Everest yang memiliki ketinggian 8850 meter.
Secara pandangan fisik normal, mount everest sebagai puncak tertinggi, namun ternyata ada yg lebih tinggi yaitu gunung mauna kea yg terdapat di hawai
Sumber gambar: geology.com

Niscaya, membuat Mauna Kea menjadi Gunung tertinggi Di Dunia.

Begini perhitungan sederhananya:

Untuk ketinggian dasar gunung sampai ke batas permukaan laut adalah 6000an meter.

Sedangkan untuk ketinggian yang dihitung dari atas permukaan laut hingga ke puncak Mauna Kea adalah 4207 meter, dengan dijumlahkan ( 6000 meter + 4207 meter ) menjadi 10.207 meter dari bawah permukan laut.

Keistimewaan yang terdapat pada puncak Mauna Kea menyajikan perbedaan dari gunung-gunung lain.

Dimana pada umumnya destinasi gunung lebih familiar dengan beberapa pemandangan horizon, awan, bebatuan dan kekosongan aktivitas manusia yang hanya diisi oleh euporia para pengunjung yang sampai puncak.

Berikut keistimewaan atau keunikan Puncak Mauna Kea yang wajib kamu ketahui:

Selain disebut puncak gunung tertinggi didunia, gunung ini juga menjadi pilihan sebagai tempat berdirinya (base camp) rumah penelitian/pengamatan astronomi terbesar didunia ( Observatory Astronomical / Tempat mengamati bintang ).
Secara pandangan fisik normal, mount everest sebagai puncak tertinggi, namun ternyata ada yg lebih tinggi yaitu gunung mauna kea yg terdapat di hawai
Astronomical Observatories Mauna Kea
Sumber gambar: geology.com

Markas/base camp tersebut bertugas untuk mengamati bintang angkasa, yang terletak dipuncak dengan ketinggian 14.000 kaki, jika dihitung dari atas permukaan laut, yang diketahui berada pada tempat dengan-kisaran 40 % atmosfer Bumi.

Pilihan tentang mengapa Puncak Mauna Kea dijadikan lokasi penelitian dalam pengamatan astronomi?

Dikarenakan suasana dan kondisi di atas puncak tersebut sangatlah kering dan nyaris tanpa awan.

Oleh sebab itu menjadikan lokasi penelitian tersebut sebagai tempat yang cukup ideal dalam aktivitas pengamatan bintang-bintang di angkasa “Observatory”.

Luar biasa bukan? Berikut penampakannya, yang dilansir oleh, geology.com melalui NASA:

Puncak Mauna Kea juga dikenal memiliki salju, yang dikarenakan jarak puncak yang begitu tinggi.

Sehingga jangan heran lokasi ini memang dikenal cukup dingin, seperti lokasi puncak gunung bersalju pada umumnya.

Namun sebagai kesepakatan dunia terkait dengan Gunung Tertinggi di Dunia, Gunung Everest sampai saat ini tetap dan akan menjadi Puncak Tertinggi di Bumi.

Karena reliabelnya suatu puncak yang terukur ketinggian, wajib menggunakan batas MDPL ( Meter di atas permukaan laut ) bukan menggunakan (Meter Dari Bawah Permukaan Laut).
Secara pandangan fisik normal, mount everest sebagai puncak tertinggi, namun ternyata ada yg lebih tinggi yaitu gunung mauna kea yg terdapat di hawai
Penampakan Hawai Mauna Kea Dari Satelit
Sumber: geology.com

Selain itu, Gunung Mauna Kea juga tidak direkomendasikan untuk aktivitas pendakian, karena pada puncak tersebut, sudah dijadikan salah satu tempat penting dunia, yaitu sebagai kebutuhan penelitian.

...

Jadi bagi kalian yang tergugah untuk mendaki Gunung Mauna Kea, lebih baik pindah haluan saja, semisal melakukan penjajalan terlebih dahulu ke beberapa Gunung-gunung yang terdapat disekitaran komplek Pegunungan Himalaya, seperti: Everest, K2, Nanga Parbat, Manaslu, Lhotse, Kailash, Cho oyu, Makalu dan masih banyak lagi.

Ke semua Gunung yang bermukim di jalur Himalaya tersebut, diketahui memiliki ketinggian dari 6000an hingga 8500an.

Merupakan pengalaman yang luar biasa jika pendaki sudah berhasil menggapai puncak-puncak pegunungan Himalaya tersebut, benar tidak?

Atau, kamu bisa juga dengan mengagendakan untuk mengikuti program 7 Summit Indonesia, yang terdiri dari Gunung Cartenz, Gunung Kerinci, Gunung Rinjani, Gunung Semeru, Gunung Binaiya, Gunung Latimojong, dan Bukit Raya.

Telah banyak beberapa Agen yang menawarkan paket open trip 7 Summit Indonesia tersebut.

Hitung-hitung sebagai permulaan atau latihan menjelajah 7 Summit Dunia ( yang terdapat Everest didalamnya ).

Bagaimana kawan-kawan, semoga dengan artikel berikut yang mengulas tentang gunung tertinggi selain Everest, dapat memberikan informasi tambahan bagi kamu yang menyukai pengetahuan destinasi alam, traveling atau gunung.

Jika kamu ingin mengetahui update dari website gofalatrip.com, kamu bisa melakukan klik langganan/subscribe pada lonceng merah pojok kanan bawah halaman ini.

Dijamin ketika saya mengupdate atau memposting artikel seputar traveling, langsung masuk pada pemberitahuan komputer atau gadget smartphonemu.

Dipastikan juga, saya sama sekali tidak melakukan SPAM, karena notice atau pemberitahuan yang muncul hanya berdasarkan postingan artikel terbaru, yang biasanya saya mengupdate artikel 3 –  4 buah dalam seminggu.

Bahkan, mungkin 1 artikel dalam sebulan, hehe. ( Maklum dunia nyata juga memiliki kesibukan tersendiri )

Oke sekian terima kasih untuk kamu sekalian yang sudah menuntaskan membaca artikel sederhana ini.

Salam Lestari.

Referensi: 
https://geology.com/records/highest-mountain-in-the-world.shtml
Guido Famula Seorang Penulis Online yang menyukai Traveling, Aset digital, Marketing dan Social Media. ~ Beranjak dan Menulislah ~

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Fakta Gunung Everest Bukanlah Puncak Tertinggi di Dunia ?"

Posting Komentar

Komen yang santhuy ya, jaga jari dari bahasa-bahasa Kebun Binatang, Umpatan dan bahasa jenis kelamin lainnya.

Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel