10 Masakan Ekstrim Yg Tak Lazim di Dunia - Sebagiannya Ada di Indonesia

Hallo apa kabar semuanya? Bagaimana nih ada rencana mau ngetrip kemana atau jangan – jangan ini kamu sudah di suatu tempat ya?

Ngomong – ngomong udah pada makan belum?

Tentu dong, kalau liburan kontek makan tak pernah ketinggalan, apalagi kita juga kepo dengan makanan khas setempat yang belum pernah kita cobain.

Nah kali ini yuk ikutin, kita bakal berbagi pengalaman di beberapa destinasi wisata dengan aneka masakan khas dan.. ekstrim!

Untuk kamu yang kepo dan pengen cobain nggak masalah kok, asalkan memang dari hati yakin pengen nyoba ya bukan atas dasar perintah seseorang.
10 Masakan Makanan Ekstrim dan Tak Lazim di Dunia Beberapa Ada di Indonesia
1. Paniki & Sate Codot
Paniki, kamu bisa menemukannya di Manado Sulawesi Utara. Dengan olahan khas makanan Manado yang pedas, masakan ini diolah dengan racikan resep santan dan cabe.

Gurih, sedap dan pedas itulah kenikmatan saat menyantap daging kelelawar atau bahasa lainnya kalong.
Usut punya usut daging kelelawar berpotensi dalam penyebaran virus corona yang sedang booming di awal tahun 2020
Sumber gambar: regional.inews.id

Sebelum dimasak, kalong tersebut sudah dibakar. Jadi dagingnya pun sudah lunak.
FYI: Beberapa ada yang mengatakan, bahwa Paniki atau daging kelelawar berperan dalam penyebaran virus corona, benar atau tidak, kita ikuti saja perkembangan infonya.
Dan berikutnya adalah sate codot. Makanan satu ini justru sudah tidak asing lagi di beberapa tempat di Jawa juga loh.
Namun beberapa di Indonesia juga sudah terbiasa dengan mengonsumsi kelelawar untuk dijadikan lauk pauk sehari-hari
Sumber gambar: tasteatlas.com

Di Jogja sate codot kerap jadi makanan yang diburu pecinta kuliner extreme. Kawasan Bantul, Gunung kidul Yogyakarta pun banyak warung yang menyajikan sate codot.

Tak hanya itu karena minat masyarakat juga tinggi di kota lain pun juga ada, Cirebon. Tapi kalau di Cirebon namanya sate kalong.
beberapa di daerah jawa juga menjual beberapa daging sate paniki atau kelelawar
Sumber gambar: gareng.id

Dari ukuran kalong atau kelelawar ukurannya lebih besar dari codot. Dan codot sendiri makannya buah – buahan, beda dengan kalong.

2. Sate Ulat Bulu
Bagi yang geli melihat ulat bulu kali ini kamu akan melihatnya menjadi sajian yang lezat, yak untuk kamu yang doyan makanan extreme ya.
Beberapa dari kita mungkin agak sedikit jijik dengan makanan yg bernama ulat serta sejenisnya
Sumber gambar: grid.id

Sate Ulat Bulu, kamu akan sering menjumpainya di daerah Jawa Tengah juga, tepatnya di Purworejo.

Ulat bulu yang diolah ini pun spesial ulat bulu dari pohon turi sob. Jadi nggak semua ulat bulu juga baik dikonsumsi.

Katanya nih sob kalau sakit gigi makan ulat bulu ini akan sembuh.
tapi jangan disangka, ulat bulu memiliki daya tariknya tersendiri bagi para peminatnya, ada harganya juga loh.
Penampakannya sudah lebih nikmat ya.
Sumber gambar: kumparan.com

Jadi juga berkhasiat.

Terkadang tidak hanya diolah dengan sate, tapi juga dengan cara masak digoreng kemudian dinikmati bersama nasi.

FYI: Selain ulat bulu pohon turi juga ada loh yang bisa dikonsumsi, yaitu ulat dari pohon jati.

3. Ulat Hongkong (Mealworm)
Siapa sangka makanan terlihat lezat dan menggugah selera ini adalah makanan favorit orang Korea Selatan dan Thailand.
Konon katanya, ulat ini dapar menyembuhkan berbagai penyakit.
Sumber gambar: bibli.com

Beondegi, merupakan makanan berbahan utama ulat sutra sob. Jadi kalau main ke Seoul dan Thailand jangan lewatkan membawa oleh oleh ini ya.
Tidak heran jika banyak yg jijik dengan wormjuice, karena bahannya memang dari ulat mentah
Sumber gambar: hargabinatang.com

Eh ada yang kemasan kaleng juga loh! Selain Korea dan Thailand, India juga punya kuliner berbahan ulat kepompong yang disebut Eri Polu. Kamu bisa menjumpainya di Assam, India.

4. Chaprah, Semut Merah
Masih di kawasan India dan kini kita akan coba melirih makanan unik dari suku Chhatissgarh di India.
Pernah digigit semut merah, nah sekarang saatnya membalas dengan memakannya, karena beberapa tempat ini menjadikan semut sebagai santapan/camilan
Sumber gambar: food.detik.com

Mereka punya makanan khas yang terbuat dari semut merah sekaligus telurnya. Rasanya pedas dan gurih sob, mungkin bagi orang India seperti abon kali ya kecil – kecil begitu.
Semut merah diambil pada saat baru menetas, lalu diolah dengan ramuan setempat
Sumber gambar: umumsekali.com

5. Rujak Cingur Sapi
Kalau yang ini perpaduan dari beberapa sayur yang sudah direbus dan yang masih fresh seperti mentimun dan irisan tahu serta tempe goreng.
Pernah nyobain rujak yang ada congornya? congor itu berarti mulut atau moncong, mau coba?
Sumber gambar: palembang.tribunnews.com

Setelah semua tercampur diguyur deh dengan sambal yang diuleg. Di dalam campurannya ada irisan cingur atau hidung dan mulut sapi.
Inilah Makanan terunik dan tersadis didunia, bagi yg tak tahan bisa menjadikan masakan ini terjijik, terseram, aneh dan juga lucu,beberapanya ada di indonesia
Sumber gambar: sibukliburan.id

Sebagian orang sangat menyukai karena daging cingur ini khas dengan rasa gurih dan kenyal. Ini makanan khas Indonesia yaitu dapat dikatakan kuliner extreme Surabaya.

6. Ulat Mopane Afrika
Berikutnya ini kalau nggak tahan jangan dilihat deh ya sob! Hmmm… ini adalah makanan masyarakat Afrika dan hanya ada disana juga ulatnya.
Inilah Makanan terunik dan tersadis didunia, bagi yg tak tahan bisa menjadikan masakan ini terjijik, terseram, aneh dan juga lucu,beberapanya ada di indonesia
Sumber gambar: cnnindonesia.com

Ulat Mopane Arika, sejenis ulat bulu yang berwarna hitam dan hewan ini diolah menjadi kudapan yang lezat juga loh!
Ada yang mau coba untuk menyantapnya sebagai pengganti kerupuk?
Sumber gambar: palembang.tribunnews.com

Dari foto diatas sih lebih ke makanan berkuah ya sob?! Mau coba? Tapi ada juga yang mengolah dengan digoreng kok, jadi menikmatinya bisa dengan krispi juga yah.

7. Sate Biawak Jawa
Yang ini nih sob, asli makanan khas Jawa juga. Selain menjadi makanan yang unik, daging biawak dipercaya mampu menyembuhkan alergi seperti gatal – gatal pada kulit.
Kedengarannya enak, tapi daging biawak dikenal gurih, apalagi kalau dimasak pedas, enaknya luar biasa
Sumber gambar: infobdg.com

Dagingnya pun saat diolah menjadi sate terlihat good looking kok, hehe jadi tetap doyan makan. Ini sih kalau orang Jawa bilang sudah jadi makanan tradisional.

8. Ulat Sagu Papua
Coba melirik kuliner timur lagi, kita ketemu dengan ulat lagi sob. Ulat sagu khas Papua.
Kalau dipapua makanan ulat yang disate sudah menjadi bagian sehari-hari dari mereka, dan dikenal berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit
Sumber gambar: liputan6.com

Dari bentuknya saja ini enak kelihatannya recommended. Dengan cara mengolah yang sama yaitu dibakar, ulat sagu ini pun disulap menjadi sate yang enak. Mau diolah tumis atau goreng juga enak.

9. Belalang Goreng
Yang satu ini lebih krezz lagi karena di masak dengan digoreng. Gurih, renyah dan tersedia dengan beberapa rasa yaitu manis, pedas, original camilan dari belalang ini merupakah makanan khas Gunung kidul juga sob.
Inilah Makanan terunik dan tersadis didunia, bagi yg tak tahan bisa menjadikan masakan ini terjijik, terseram, aneh dan juga lucu,beberapanya ada di indonesia
Sumber gambar: republika.co.id

Orang Jawa Tengah pasti tahu camilan belalang ini. Tersedia juga dalam kemasan, jadi untuk kamu yang mau membawa pulang sebagai oleh – oleh juga bisa.

10. Worm Juice
Alias jus cacing tanah lebih tepatnya sob. Sudah pernah dengar? Minuman ini tak hanya menjijikkan sepintas tetapi punya khasiat juga loh.
Inilah Makanan terunik dan tersadis didunia, bagi yg tak tahan bisa menjadikan masakan ini terjijik, terseram, aneh dan juga lucu,beberapanya ada di indonesia
Sumber gambar: kemgro.com.au

Ada yang tertarik coba minum jus cacing, dijamin menyehatkan loh, katanya sih hehehe
Sumber gambar: growingagreenerworld.com

Minuman aneh satu ini dapat mengobati diare, tifus, melancarkan pencernaan, melancarkan sirkulasi darah, sebagai relaxaxi yaitu mampu menenangkan saraf.

Baik untuk kesehatan walaupun awalnya menjijikan. Mau coba?

...

Dan sepuluh makanan unik tak lazim di atas cukup menguji mental ya sob?

Masih ada lagi loh seperti aneka olahan babi, pakasam khas suku Banjar, tikus panggang minahasa, dan lain lain.

Tetapi siapapun kamu jika tidak berniat jangan dipaksakan. Tentunya tak hanya di Indonesia juga, seperti Korea, India dan negara lain yang sudah disebutkan di atas juga punya beberapa kuliner yang ekstrim.

Nah buat kamu yang masih penasaran bisa dicoba deh, lumayan kan untuk tempat makan backpacker, jika yakin ya!

Finally... yang terpenting jaga kesehatan ya sob. Apalagi kalau sedang di kota atau negara orang. Makan dan minumlah yang benar – benar kamu mau dan sudah tahu baik tidaknya untukmu sendiri ya.

Jangan lupa selfie, sempatkan mampir ke tempat – tempat yang belum pernah kamu sambangi, hunting kulinernya, enjoy dan bawakan oleh – oleh untuk orang – orang tercinta di rumah. 

Happy holiday, Salam Lestari...
Guido Famula Seorang Penulis Online yang menyukai Traveling, Aset digital, Marketing dan Social Media. ~ Beranjak dan Menulislah ~

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "10 Masakan Ekstrim Yg Tak Lazim di Dunia - Sebagiannya Ada di Indonesia"

Posting Komentar

Komen yang santhuy ya, jaga jari dari bahasa-bahasa Kebun Binatang, Umpatan dan bahasa jenis kelamin lainnya.

Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel