Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

42 Bukit Gunung Kalbar Rekomendasi Untuk Pendaki

Kalimantan merupakan Pulau di Indonesia yang relatif aman dari gempa dan tsunami, tak terkecuali kalbar.

Hal tersebut pernah diteliti oleh Danny Hilman (Pengamat Geologi Kegempaan LIPI), dan kenyataan pun demikian.

Adapun, pernah terjadi gempa di Kalimantan Tengah, pada Kawasan Muara Teweh, Kab Barito Utara dengan kekuatan 3,5 SR, itupun tidak terlalu membahayakan, pada kamis 31 Januari 2019 ( Dikutip dari info BMKG)
Mengapa Pulau Kalimantan relatif aman dari gempa?
Dikarenakan Pulau yang akrab di sebut Borneo ini sangat jauh dari Batasan lempengan dan kabar baiknya tidak ada ditemukan sesar besar dan aktif.

Mungkin dari karena itu, Pulau Kalimantan hampir tidak ada Gunung Aktif, yang ada hanyalah gunung pasif, paling mentok dengan ketinggian 2000an MDPL yaitu BUKIT RAYA, yang terletak di perbatasan Kalbar – Kalteng.

Bagi pecinta alam di kalbar khususnya, aktivitas hiking ke gunung-gunung (Luar Kalimantan) sulit diagendakan, terkait dengan persiapan, budged, tiket dll, tapi demi sebuah hobby dan kecintaan terhadap pesona alam di ketinggian, kenapa tidak untuk mulai hiking diluar pulau?

Baiklah, berikut 42 Bukit atau gunung tidak aktif (meletus) di Kalbar ini, dapat dijadikan agenda traveling yang tak kalah seru dengan pendakian gunung-gunung vulkanik diluar kalimantan.

1. Bukit Sepancong
Dataran tinggi yang akrab disapa Bukit Sepancong ini terletak di sebelah Utara Kalimantan Barat, yaitu Kab Bengkayang, Desa Ketiat, Kec Sungai Betung.
Sajian panorama bengkayang dari ketinggian
Sumber: Instagram @dinaconverta
Untuk angka ketinggian bukit sepancong, masih belum terdata sampai 2019 ini, akan tetapi banyak teman-teman hiking pecinta alam Kalbar, menyebut ketinggian dari bukit sepancong hampir setara dengan Bukit Jamur (kurang lebih), yang mana terletak di Bengkayang juga.

2. Bukit Kenepai
Para pecinta alam yang berdomisili Kab Kapuas Hulu, pasti sudah akrab dengan destinasi wisata Bukit Kenepai, selain memiliki ketinggian 1175 MDPL, ketika berada di puncak sajian pesona awan dan kabut menjadi pemandangan yang bikin nagih para pendaki.
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @die_a22
Terletak di Dusun Padung Kumang, Kec Semitau, Kab Kapuas Hulu, sajian tracking menuju Puncak Kenepai juga sangat seru, asyik dan menguras tenaga + adrenalin.

3. Bukit Botuak
Dataran tinggi bukit bontuak masih terletak di satu lokasi dengan bukit bahu dan kawan-kawannya, yaitu di Balai Sebut, Desa Bantai, Kec Bonti, Kab Sanggau alias terletak di sebelah timur provinsi Kalimantan barat.
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @mnndo_
Biasanya anak-anak muda dan para pecinta ketinggian, kerap menghabiskan weekend untuk bermalam disini, tempatnya seru, Summit nya juga tidak terlalu melelahkan bagi yang sudah terbiasa naik puncak.

Untuk ketinggian, belum terdata dengan pasti hingga sekarang.

4. Bukit Alak
Masih diseputaran Kapuas Hulu, spot destinasi timurnya Kalimantan Barat, Bukit Alak terletak di Dusun Sukma, Desa Sangan, Kec Boyan Tanjung, Kab Kapuas Hulu.

Untuk jarak tempuh perjalanan dari Kota Pontianak, dapat menghabiskan waktu kurang lebih 12 jam untuk sampai di Kapuas hulu.
Hammockan di atas awan kapuas hulu
Sumber: Instagram @rahayu_wijaya22

Kerennya lagi, pengunjung akan disuguhkan dengan flora unik seperti Bunga Bangkai Sumatra, tapi tekstur terbentuk pada bunga lebih ke menguncup.

Untuk perihal ketinggian, belum ditemukan data pasti, tapi pesona ketinggian di bukit alak tak kalah indah dengan gunung-gunung pada umumnya, kamu wajib coba.

5. Bukit Kengkodang
Pada bagian selatan Kalimantan barat, khususnya Kabupaten Ketapang juga memiliki pesona alam dataran tinggi bukit yang tak kalah menarik dari sebelumnya.
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @giakkbarmaulana

Bukit kengkodang terletak di Desa Batu Tajam, Kec Tumbang Titi.

Destinasi ini tidak sefamiliar Gunung Bawang atau pun Bukit Bahu, tapi kenikmatan dan kesunyian alam membuat siapapun yang pernah menginjakkan kaki kesini bakal nagih untuk kembali.

6. Bukit Seligi
Beberapa menyebut destinasi wisata yang terletak di Kec Menukung, Kab Melawi ini seperti lingkungan tempat tinggal pada serial anak-anak Teletubbies.

Pesona hijau nan indah sepanjang mata memandang, membuat pengunjung harus membayar Lelah ketika berkunjung, karena untuk menuju ke bukit seligi pengunjung akan melewati area perkebunan sawit, yang sudah dapat dipastikan tanah kuning ( Berdebu ketika kering, Becek Ketika hujan ).
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @j_viewww

Jarak tempuh dari Nanga Pinoh hingga ke kec Menukung sampai ke Bukit Teletubbies, kurang lebih menghabiskan waktu 2 – 3 jam perjalanan.

Ketika sampai di area perbukitan seligi, disarankan menggunakan pakaian tertutup, tutup kepala, baju lengan Panjang. Dikarenakan area bukit akan lumayan menyengat panas ketika siang hari, ilalangnya juga dikenal tajam, dan minim terdapat pepohonan alias murni perbukitan ilalang hijau.

7. Bukit Jamur
Terletak di Desa Bhakti Mulya, Kec Bengkayang, Kab Bengkayang. Bukit jamur menjadi primadona bagi para pendaki, baik itu muda maupun tua, hal tersebut dikarenakan Dataran Tinggi yang memiliki ketinggian 500an MDPL ini memiliki tingkat Tracking yang tidak terlalu menyulitkan, butuh waktu 2 – 4 Jam dari dusun (base camp) hingga ke puncak jamur.
Bukit Sepancong berdekatan dengan bukit jamur, tidak terlalu jauh
Sumber: Instagram @ranggastiwan

8. Cukah Batu Rawan
Bukit Cukah batu rawan atau yang akrab dikenal dengan Bukit Semujan, merupakan destinasi yang cukup terkenal di Kapuas hulu.

Terletak di Taman Nasional Danau Sentarum, Kec Batang Lupar, Kab Kapuas Hulu, membuat siapa saja yang menikmati panorama di atas puncak semujan semakin terkagum-kagum, karena akan terlihat dengan apik bentangan Danau Sentarum yang merupakan taman nasional ikon Kapuas Hulu Kalimantan Barat.
Bukit semujan memiliki keunikan yang selalu menjadi tempat spot poto bagus
Sumber: Instagram @abang.rambo

Usut punya usut, jika melakukan pendakian dan memilih untuk menginap, alangkah lebih baik untuk meminta izin dan menyewa guide, karena masih terkait dengan keangkeran puncak bukit semujan.

9. Bukit Bellew
Masih satu komplek alam dengan bukit bahu dkk, ketinggian 400an MDPL, cocok untuk quality time bersama teman-teman (bukan pacar).

Bukit Bellew terletak di Dusun Bangau, Kec Bonti, Kab Sanggau ( Timurnya Kalimantan Barat).
Pesona daerah bonti dimanjakan dengan dataran tinggi seperti teletubies
Sumber: Instagram @fahrulnr01

Spot puncak bellew menjadi rekomendasi untuk kamu yang sedang maniak berburu awan pada ketinggian.

Untuk perihal summit, cukup memakan waktu 2 – 3 Jam, tergantung kecepatan dan kesigapan melangkah.

10. Bukit Kuri
Bukit yang lebih didominasi batu ini menjadi tempat yang asyik bagi para wall climber atau panjat tebing.

Kerennya lagi, letak Bukit Kuri juga tak jauh dari Kawasan area Bukit Batu Daya yang juga menyajikan tantangan yang asik bagi para pemanjat dinding tebing.
Batu kuri dapat dikatakan ayers rock nya Indonesia
Sumber: Instagram @explore_sungai_laur

Bukit Kuri Terletak di Desa Sinar Kuri, Kec Sinar Laur, Kab Ketapang.

Bagi kamu yang hobby dengan panjat tebing, wajib coba langsung ke Bukit Kuri.

11. Bukit Tiong Kandang
Masih di seputaran Kab Sanggau, kali ini beranjak di Dusun Mangkit, Desa Tae, kec Balai Batang Tarang, yaitu Bukit Tiong Kandang.

Bagi kamu yang berencana untuk mengunjungi, disarankan untuk mulai pendakian pada dini hari, agar ketika sampai puncak bisa berpapasan dengan Sunrise sekitaran pukul 5 – 7 Pagi.
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @kampala_adventure

Panjang tracking sekitaran 3 – 5 KM, mungkin dapat dikatakan 2 – 3 Jam jalan kaki menuju puncak tiong kendang.

Untuk perihal ketinggian bukit, 980 MDPL.

12. Bukit Padank Pakumbang
Pada point ini beranjak ke bukit di daerah Kabupaten Landak, tepatnya di kecamatan Sompak, daerah pakumbang.
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @ferdianelli

Seperti layakanya bukit bellew atau bukit bahu, Dataran tinggi pakumbang ini menyajikan pemandangan hijau ilalang yang indah dengan ketinggian yang lumayan untuk sebuah wisata bukit.

13. Gunung Bawang
Terletak di Kab Bengkayang, dengan dua basecamp pilihan yaitu, Desa Lumar dan desa suka bangun (lembah bawang) kec sungai betung.
Salah satu dataran tertinggi di Kab Bengkayang dan Singkawang
Sumber: Instagram @guidofamula

Disarankan untuk melakukan tracking via Suka Bangun, karena lebih dekat dari pada masuk melalui Desa Lumar, akan tetapi jika menginginkan pengalaman yang luar bisa dan selalu dikenang, pengunjung bisa melakukan pendakian melalui Desa Lumar yang bisa memakan waktu 24 jam-bahkan lebih.
Baca Juga kisah perjalanan kami:
- Pertualangan 14 Jam Menuju Puncak- Menembus Gelap diantara Tepian Jurang Menuju Puncak
Jalur pendakian menuju puncak bawang melewati hutan hujan tropis, dimana kelembaban hutan yang begitu mewakili hutan belantara pulau Kalimantan.

Jarak tempuh normal dari base camp via Suka Bangun 7 – 14 Jam tergantung cuaca, fisik dan mental.

14. Bukit Ba’k Muant / bakmunt
Karakteristik bukit ba’k muant masih tergolong sama dengan Puncak bukit bahu dan bellew.

Bagi kamu pengoleksi pendakian bukit, destinasi puncak yang terletak di Kec Bonti, Kab Sanggau ini wajib kamu jadikan list pendakian berikutnya.
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @yulianayuleqqqqqqq

Dijamin seru, karena kamu bakal banyak menemukan teman-teman baru yang memiliki hobby sama, beberapanya sebagai pegiat photo-photo sosmed dan videogrpah cinematic.

15. Bukit Liteng
Selain dikenal dengan pesisir pantai, Sambas juga terdapat destinasi wisata alam bukit, yang terletak di Desa Nibung, Kec Paloh, Kab Sambas.
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @rudihartono_15

Ketika melakukan trip di Bukit Liteng, pengunjung diperbolehkan menginap, salah satunya dengan berkemah.

Pemandangan hijau dari ketinggian menjadikan Bukit Liteng, menjadi pilihan para traveller untuk mengobati rindu akan senja di ketinggian, terutama bagi mereka yang domisili Sambas sekitarnya.

16. Bukit Matok
Bukit yang bisa dikatakan semi gunung ini cukup terkenal di Kab Melawi, terletak di Dusun Pemuar, Kecamatan Belimbing.
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @andrebajeng

Untuk spot foto dan video cinematic lumayan oke, terlebih untuk koleksi feed Instagram, asli keren banget.

Tapi sayangnya, menurut info terbaru 1 Maret 2019 Bukit Matok mengalami longsor, sehingga menyebabkan akses jalan sekitar lumpuh total.

17. Bukit Selisiak
Terletak di deretan komplek perbukitan Dusun Entajan, Desa Nibongk, Kecamatan Bonti, Kab Sanggau, menjadikan bukit selisiak wajib kamu kunjungi, semisalnya kamu baru menyelesaikan agenda trip ke bukit bahu, bellew, atau ba’k muant, karena masih terhitung dekat untuk sekitaran kecamatan bonti.
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @rahmatrisky

18. Bukit Bahu
Nah, memang ya, kec bonti memang daerahnya perbukitan, banyak sekali rekomendasi wisata ketinggian di kecamatan bonti ini, wajib kamu explore semua, karena dijamin memiliki keunikan tersendiri pada masing-masing puncaknya.
Masih tetanggaan dengan bukit bellew
Sumber: Instagram @guidofamula

19. Bukit Kujau
Sekarang sedikit mengarah ke pojok timur Kalimantan barat, Kab Sintang, Kec Tempunak atau yang familiar dengan sebutan SP 5.

Menyajikan salah satu bukit tinggi dengan ketinggian 1308 MDPL, yaitu bukit/gunung Kujau.

Dikarenakan tracking cukup sulit karena melewati jalur perkebunan sawit besar, dijamin akses jalan hancur parah, apalagi kalau hujan.
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @y_uwan

Belum lagi jarak tempuh dari Kota Pontianak menuju SP 1 muka dari Desa Seranjuk dapat memakan waktu 6 – 7 Jam.

Terdapat juga rumor angker pada Bukit yang jika dilihat dari jalan raya seperti bentuk mobil formula 1 ini, salah satunya kisah pesawat yang menabrak badan bukit, lalu bangkai pesawat dan seisinya tidak ditemukan hingga sekarang.

Sedikit sama dengan kisah Gunung Halimun Salak jawa barat ya?

20. Gunung Niut
Untuk yang ini gunungnya bukan ecek-ecek, dinobatkan sebagai Puncak tertinggi di Kalimantan barat dengan ketinggian 1701 MDPL.

Kerennya, ekosistem sekitar hutan gunung niut dijadikan pemerintah setempat sebagai cagar alam, sehingga dijamin sangat asri, hijau dan rimba tentunya ( Pacat apalagi?)
Taman Nasional Gunung Niut merupaka cagar alam yang ada di Kalimantan Barat
Sumber: Instagram @arielnthan_

Untuk masuk ke gunung niut, menurut info netizen yang beredar, destinasi wisata alam gunung niut sudah menggunakan SIMAKSI.

Disarankan untuk melakukan pendakian melalui Dusun Dawar, Sanggau Ledo Bengkayang, walaupun letak geografisnya terletak di Kab Landak.

Untuk jarak tempuh pendakian sampai puncak, membutuhkan waktu kurang lebih 4 – 5 hari.

Diwajibkan untuk membawa guide, persiapan yang matang, terutama mental. Bukannya menakut-nakuti, tapi memang Gunung Niut masih terbilang keramat, hingga tak heran, jika banyak pendaki sekitar yang mengurungkan niat untuk merimba ke dalam hutan gunung niut sampai puncak.

Percaya tidak percaya, ya Namanya juga di Hutan, pasti penunggunya beraneka ragam.

Tapi bonusnya, bagi yang mendaki gunung niut masih banyak ditemukan hewan endemik khas Kalbar, seperti Burung Ruai, enggang gading, dan flora seperti kantung semar sampai ke Bunga bangkai.

21. Bukit Bentuang
Dataran tinggi ini menghadiahkan pengunjungnya sebuah riam yang bernama kuta, cocok dijadikan destinasi tambahan ketika ingin ke puncak bentuang. untuk type hutan masih di hutan hujan tropis.

Lokasinya terletak di perbatasan Kab Sanggau dan Landak.

Jika ingin melakukan pendakian, bisa melalui dari daerah sanggau, dengan melewati Dusun Masa Selangai, Desa Muara, Kec Sekayam.
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @frisky_nelsen_apgerpio

Untuk pendakian dari daerah landak, bisa dilakukan melalui Desa Merayuh, Kec Air Besar.

Tapi biasanya para pengunjung lebih memilih pendakian via Dusun Masa Selangai, karena jalur pendakiannya lebih familiar.

22. Bukit Macan
Sebuah puncak bukit yang menyajikan panorama indah sungai kapuas dari ketinggian 200 – 300an MDPL, memang tidak terlalu tinggi untuk ukuran sebuah bukit.

Tapi jalur untuk menanjak kepuncak, bisa dikatakan kurang manusiawi, karena harus dibarengi dengan merayap, memanjat, dan melompat hingga perosotan jika turun.
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @nbilkh_

Bukit Macan terletak di Dusun Kayu Tunu, Desa Sungai Muntik, Kec Kapuas, Kab Sanggau

Waktu yang cocok untuk mengunjungi Bukit Macan adalah sekitaran bulan februari – Mei, karena biasanya dibulan-bulan segitu sedang musim kemarau, sehingga pengunjung lebih mudah dalam melakukan perjalanan menuju dusun hingga puncak macan.

Hal Tersebut dikarenakan akses masih ada yang tanah kuning, bisa dibayangkan jika berkendara pada saat musim penghujan.

(Disarankan menggunakan sepeda motor untuk sampai ke dusun)

23. Bukit Ampan
Bagi yang sedang di Kapuas Hulu, sempatkanlah mengunjungi Wisata Alam Bukit Ampan, tapi bagi yang membenci keramaian, destinasi ini tidak direkomendasikan.

Karena setiap minggunya pengunjung bisa sampai ratusan pendaki, baik pengunjung dari daerah setempat hingga pendaki luar daerah kabupaten konservasi ini.
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @selvi.whyniputri

Tak heran mengapa selalu ramai, karena sajian panorama ketika di puncak benar-benar memanjakan mata, terlebih dengan hijau nya hutan kapuas hulu.

Bukit Ampan memiliki ketinggian 538 MDPL, dengan rute track hutan hujan tropis, relatif sama terhadap bukit-bukit yang ada di kalimantan barat

Bukit Ampan terletak di Kec Pengkadan, Desa Permata, Kab Kapuas Hulu.

Jika tidak ingin menjumpai keramaian, disarankan untuk melakukan kunjungan atau camping pada hari-hari kerja, seperti sening – jumat.

24. Bukit Talang Tanggol
Menyajikan hijaunya ilalang, pemandangan langit yang indah membuat bukit talang tanggol tak kalah indahnya dengan bukit-bukit kalbar pada umumnya.

Walau kurang familiar dikalangan pendaki, tempat ini sangat cocok bagi para pendaki yang phobia keramaian.
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @adehafeb

Bisa puas-puas memburu spot photo terbaik tanpa perlu mengantri dengan pengunjung lainnya, semisal ramai.

Bukit Talang Tanggol terletak di Kec Pemahan, Kab Ketapang.

25. Bukit Lalang Panjang
Destinasi wisata ini menjadi pilihan bagi pengunjung yang tidak terbiasa dalam melakukan pendakian, karena untuk sampai ke puncak dataran tinggi lalang panjang, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua.

Belum lagi ketika sampai puncak, pengunjung akan menyaksikan pemandangan sunrise dan sunset yang begitu indah.
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @galuhjunardi

Sehingga jangan heran, jika bukit ini ramai dikunjungi pengunjung di setiap akhir pekan.

Tempat berkemahnya pun sangat mendukung kenyamanan, karena walaupun sudah berada di puncak bukit, pendaki dapat dengan mudah menemukan dataran yang rata, jadi bisa digunakan untuk menikmati malam yang seru, nyaman dan damai.

Bukit Lalang Panjang ini Terletak di Kec Pemahan, Kab Ketapang, masih satu deretan dengan Bukit Talang Tanggol

26. Bukit Semujan
Balik lagi di daerah kapuas hulu, yang tak kalah kaya menyajikan pesona alam.

Salah satunya Bukit Semujan yang merupakan dataran tinggi yang berada dekat sekitaran Danau Sentarum.
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @pemapah_borneo

Pengunjung akan benar-benar dimanjakan dengan suasana dan cita rasa pemandangan kalimantan, karena diketahui Bukit Semujan masih banyak ditemui kekayaan endemik khas Kalimantan Barat, salah satunya enggang gading.

Tapi jangan sekali-kali berniat jahat, membawa atau mencuri sesuatu yang ada di bukit semujan, konon bukit ini terkenal dengan penjagaan ketat makhluk astral.

Tenang saja, jikalau pergi dengan niat baik hanya menikmati alam, dijamin selamat sampai pulang.

Jika berencana ingin muncak dan menginap, disarankan untuk menyewa guide dari warga setempat, karena walaupun bukit ini hanya memiliki ketinggian 370 MDPL, pengunjung akan dibuat kagum dengan luasnya hutan yang membungkus bukit ini.

Hati-hati dalam mendaki, karena tingkat kemiringan menuju puncak lumayan membahayakan jika terlalu sembrono.

Info Bukit Semujan Terletak di daerah kawasan Taman Nasional Danau Sentarum, Kab Kapuas Hulu, bisa melalui Kec Batang Lupar.


Sebagai tambahan, berikut list destinasi bukit yang ada di kalimantan barat, beserta informasi lokasinya. Karena demi menghemat Panjang kata dalam artikel, sebab beberapa bukit yang ada di Kalimantan barat tergolong memiliki ciri yang sama. Salam Lestari.

27. Bukit Burang, Rawak, Sekadau hulu
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @dinda_dilfitrii


28. Bukit Ransa, Kec Seberuang, Kab Kapuas Hulu
Salah satu dataaran tinggi indah yang jarang dikunjungi orang-orang ataupun pendaki
Sumber: Instagram @yandi_yulianto


29. Bukit Roan, Dusun Panga, Balai karangan, Kab. Sanggau
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @dodi.areyansah


30. Bukit Babi / "Mantan", Dusun Kedungkang, Kec Batang Lupar, Kab. Kapuas hulu
Terletak di Dusun Kedungkang, Kec Batang Lupar
Sumber: Instagram @guidofamula


31. Bukit Alang alang, Batang tarang, Kab sanggau
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @vtono80


32. Bukit Kelam, Kec Kelam Permai, Kab Sintang
Digadang-gadang menjadi Batu Monolite tertinggi di Dunia
Sumber: Instagram @theresia.aline


33. Bukit Pampang, Kec Sungai Melayu, Rayak, Kab Ketapang
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @rini_malia165


34. Bukit Hitam, Desa lingkar indah, Kec sayan, Kab melawi
Jika pada cuaca mendukung, pendaki akan mendapatkan view gumpalan awan yang keren
Sumber: Instagram @nuyi21


35. Bukit Selindong, Kec Selakau, Kab Sambas
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @herlintialesi


36. Bukit Batu Bulan, Lubuk Baji, Kayong Utara
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @lusiaherawati


37. Gunung Poteng, Singkawang
Dijadikan lokasi untuk mengambil air bersih dalam kemasan galon
Sumber: Instagram @anggare21


38. Gunung Siri Kab Bengkayang
Menjadi tertinggi setelah gunung bawang
Sumber: Instagram @dani_danidani11


39. Bukit Piabung, Tepuai, Hulu Gurung, Kab Kapuas hulu
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @mhmd_ali0197


40. Bukit Konyin, hulu tubuk, Kec kalis, Kab kapuas hulu
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @andikazuhry


41. Bukit Beraok, Desa nanga pintas, Kec pinoh selatan, Kab Melawi
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @sandi_jax292


42. Batu Daya, ketapang, kayong utara
Adakah gunung berapi di Kalimantan Barat, rekomendasi bukit kalbar untuk pendakian, daerah yg menyajikan keindahan di atas awan, hijaunya hutan tropis borneo
Sumber: Instagram @j_viewww

Jika ada tambahan informasi, kritik, pertanyaan dan saran, silahkan cantumkan pada kolom komentar dibawah ini.

Salam Lestari
Guido Famula
Guido Famula Seorang Penulis Online yang menyukai Traveling, Aset digital, Marketing dan Social Media... ~ Beranjak dan Menulislah ~

2 komentar untuk "42 Bukit Gunung Kalbar Rekomendasi Untuk Pendaki"

  1. Bukit Pajamet, bukit Salapar Bengkayang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kak, nnt dimasukin. Terima kasih masukannya :)
      Salam lestari

      Hapus

Komen yang santhuy ya, jaga jari dari bahasa-bahasa Kebun Binatang, Umpatan dan bahasa jenis kelamin lainnya.

Terima kasih

Template Blogger Terbaik Rekomendasi