Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Awal Bitcoin Bagi Pemula – Update 2021

Apa itu bitcoin?

Apa itu bitcoin
Ilustrasi

Bitcoin merupakan salah satu aset digital yg biasa disebut dengan Cryptocurrency atau uang digital.

Melalui rekam jejak digital, mata uang bitcoin di ketahui sejak tahun 2009.

Bitcoin kerap digunakan sebagai alat transaksi digital

Pada mulanya hingga sekarang digunakan para peselancar deepweb untuk transaksi jual beli sesuatu atau yg berbau dengan black market.

Selain itu, Bitcoin juga digunakan oleh beberapa hacker/peretas nakal sebagai nominal suatu tebusan, dalam artian jika hacker berhasil meretas suatu dokumen, maka kedepannya peretas akan meminta tebusan sejumlah Bitcoin.

Hati hati cari bitcoin

Bitcoin merupakan mata uang digital yg independent, tidak terikat dengan sistem bank atau perpolitikan kapitalis bank dunia.

Oleh sebab itu, koin ajaib ini makin disenangi oleh penggunanya, karena beberapa hal berikut:

  1. Desentralisasi atau dikenal berdiri sendiri dengan kekuatan dan kekuasaan koin itu sendiri, tidak terpengaruh bank, pemerintah dan perihal kapitalis diluar Bitcoin.

  2. Peer to peer atau dikenal dengan Bahasa awamnya tanpa perantara, dapat dilakukan langsung oleh satu orang ke orang lain dan beberapa lainnya.

  3. Liquid yg berarti mudah dicairkan ke uang konvensional, dalam hal ini adalah rupiah.

  4. Arus transaksi dan kepemilikan dapat dilakukan secara anonym, namun karena demi keamanan dan kredibilitas, mayoritas marketplace jual beli bitcoin, memberlakukan verifikasi data pribadi. demi mengatasi perlakuan tidak bertanggung jawab seperti pencucian uang, jual beli senjata, Narkoba dll

Namun, untuk dalam gerakan underground, transaksi ini (deepweb), masih banyak dengan kepemilikan ber-status anonymus.

Siapa yg terlibat dalam bitcoin?

Pada balik layar bitcoin sering dikaitkan dengan nama Satoshi Nakamoto sebagai cikal bakal dari mata uang digital BTC ini.

Sehingga satuan terkecil bitcoin, disebut satoshi

Perlu kamu ketahui, perihal nama tersebut belum dapat dipastikan nama asli dari si pembuat, karena masih banyak simpang siur terkait status Nakamoto, ada yg menyebut nama Satoshi merupakan sebuah perangkat, grup atau nama samaran dari si pembuat.

Hal tersebut tak perlu kamu dipusingkan, fokus saja dengan manfaat dan kebergunaan uang digital ini.😊

Mengapa bitcoin bisa se-terkenal sekarang?

Pada awal ketenaran bitcoin, sempat dipandang sebagai lelucon oleh masyarakat dunia, apalagi di Indonesia? (money game apa itu? hahaha)

Belum lagi, transaksi pertama kali didunia nyata, terjadi saat transaksi pembelian dua pizza Papa John oleh Laszio Hanyecz, dengan nominal 10 ribu BTC, pada bulan Mei 2008

Sungguh, BTC menjadi bulan-bulanan masyarakat saat itu.

Namun, coba bayangkan 10 ribu BTC itu sekarang, dengan nilai tukar 570 Juta per 1 BTC, apa-apa saja yg dapat dibelinya, nilai aset pizza pun mampu di beli ya? hahaha

Belajar baca grafik bitcoin
Harga bitcoin hari ini (10/01/2021)
Dokumen pribadi

Singkat cerita, pada pertengahan 2013, lelucon tersebut menggemparkan dunia, dimana saat itu sedang hebohnya inflasi beberapa mata uang dunia, Bitcoin yg saat itu hanya senilai 1 Jutaan per BTC, melonjak tajam ke 13 jutaan per 1 bitcoin (100 USD menuju 1000 USD dalam tempo 1 bulan)

Sehingga fenomenal tersebut mendapatkan perhatian dari media-media besar, jadilah nama Bitcoin makin dikenal sampai kepelosok dunia, hingga sekarang.

Kapan bitcoin mulai dikenal di Indonesia?

DI Indonesia, perihal bitcoin semakin diminati setelah dibukanya marketplace pertama kali untuk jual beli bitcoin, melalui tangan dingin Oscar Darmawan yg sekarang ‘2021’ masih menjabat sebagai CEO INDODAX, yg dulu websitenya bernama VIP Bitcoin.

Dimana awal mula bitcoin dikenal warga net?

Sejak saat itu, sekitar 2018 banyak warga net Indonesia, berduyun-duyun untuk membuat akun di INDODAX, agar dapat merasakan langsung perdagangan uang digital, sekaligus untuk membuat wallet uang digital.

Belum lagi, sempat terdengar rumor, bahwa kedepannya pendaftaran akun wallet akan dikenakan biaya tambahan, otomatis men-trigger banyak warga untuk lebih cepat mengambil langkah untuk segera mendaftar.

Istilahnya booking slot dulu, perihal transaksi-nya masih bisa kapan-kapan. hehe

Jadi, bagaimana seharusnya mengenai cara pandang terhadap bitcoin?

Hanya sebatas saran, simak baik-baik:

  1. Trading Bitcoin bukanlah sejenis dengan gambling atau perjudian, melainkan aktivitas berisiko, karena membutuhkan pengalaman dan pemahaman terkait dengan analisis, baik itu secara fundamental atau teknikal.
    Tempat jual beli bitcoin terpercaya
    Isi chat room ketika di marketplace
    Hati-hati jangan sampai terpengaruh 😀


  2. Bitcoin bukan solusi kekayaan, melainkan sebagai salah satu dari banyak alat untuk meraup kekayaan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, bertanggung jawab dan komitmen pilihan.

  3. Bitcoin hanyalah satu dari ratusan koin yg diperdagangkan, karena kebetulan transaksi pertama yg tenar jejak digitalnya adalah Bitcoin, serta sebagai corenya uang digital atau bapaknya uang digital.

  4. Tidak semua marketplace memperdagangkan koin-koin yg sama, oleh sebab itu jangan heran ketika membandingkan poloniex, binance, coinnut dan indodax terdapat beberapa koin yg tidak saling related atau tidak bisa ditransfer ke masing-masing marketplace tersebut.

  5. Bitcoin bukan alat transaksi seperti rupiah, jadi perihal ini akan menjadi illegal jika digunakan untuk membeli sembako dll ketika di dunia nyata.

  6. Uang Digital dapat disamakan persepsinya bagai aset nilai emas, hanya saja berbentuk virtual digital, untuk saat ini bitcoin belum dibuat dalam bentuk fisik.

  7. Basic trading uang digital masih seperti biasanya, beli ketika harga murah, jual saat harga mahal, untuk mengetahui prediksi harga turun/naik, kamu dapat mempelajari dan memupuk pengalaman terkait analisis fundamental & teknikal.

Selebihnya kamu dapat menambah pengalaman terhadap uang digital, dengan melakukan langkah pertama, yaitu:  mendaftar akun wallet/dompet digital di indodax.com

Demikian artikel kali ini yg membahas tentang panduan awal bitcoin untuk pemula.

Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan.

Jika ada pertanyaan, bisa langsung tanyakan pada kolom komentar.

Jangan lupa follow instagram @guidofamula

Terima kasih.

Guido Famula
Guido Famula Bukan blogger hebat, hanya sekadar rutinitas demi terus berbagi dengan tanpa batas.

8 komentar untuk "Panduan Awal Bitcoin Bagi Pemula – Update 2021"

  1. Wah, memang bitcoin kayaknya bisa jadi uang digital menjanjikan di masa yang mendatang tapi untuk bener bener serius susah wkwk. Terimakasih infonya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya bg, yg penting pandai" dapetin peluang aja y bg :)

      Hapus
  2. Pernah tertarik sama bitcoin cuma karena kurang ilmu ..jadinya ngga paham mau nyoba..ini informasi bagus kak buat pemula :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, semoga info ini bermanfaat dan makin kenal dengan bitcoin :)

      Hapus
  3. oh gitu, mantep dah!, lg nyari2 info seputar cari uang online, nih gan. Ternyata bitecoin seru juga yaa, mantap ... btw, thanks infonya (: salam blogwalking

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bg, kayak sekarang, banyak yg lebih ke dogecoin, siapa tahu mau ikutan :)

      Hapus
  4. Saya sudah sering di ceritain dan ditawari temen tentang bitcoin,,namun karena belum tahu seluk beluknya sehingga belum tertarik,namun setelah membaca artikel ini sepertinya ada kemauan untuk lebih tau anyak tentang bitcoin..atau minimal daftar jadi afiliasinya ya gan..sambil belajar dan sambil menyebarkan link nya..apa begitu ya gan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bg, mayoritas cloud mining, faucet, marketplace yang berbau tentang kripto menyediakan program affiliasi atau referral program, sehingga cocok digeluti bagi blogger yang tertarik dengan topik koin masa depan ini.

      Hapus

Komen yang santhuy ya, jaga jari dari bahasa-bahasa Kebun Binatang, Umpatan dan bahasa jenis kelamin lainnya.

Terima kasih