Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan PC Workstation Jadi Idaman Creator & Desainer Masa Kini

Demi kestabilan dalam pekerjaan, PC workstation adalah solusinya
Sumber foto: canva.com

Bagi pekerja ataupun pegiat multimedia, perihal PC lemot salah satu yang tidak bisa ditoleransi.

Namun bukan hanya soal bagus, bentuk mewah, atau grafis superior, terkait agar komputer tidak lemot.

Apalagi, sampai harus berlampu-lampu RGB pada bagian PC?

Bukan itu esensinya.

Ya, walaupun beberapa pegiat multimedia yang lain, masih terdapat yang menyukai lampu warna-warni RGB.

Tidak sepenuhnya salah.

inilah perbedaa PC gaming dan workstation
Sumber foto: canva.com

Hanya saja jika pekerja multimedia atau pembuat konten (Content Creator), ingin melakukan upgrade sebuah komputer, agar setiap proyek yang dikerjakan dapat lebih maksimal dan performa lebih cepat dan stabil dari sebelumnya.

Mohon maaf, PC yang terlihat mewah dan bewarna-warni tersebut, bukanlah sebuah indikator untuk kestabilan performa untuk pekerjaan multimedia.

Misalnya, siapapun itu.

Baik yang mengerjakan desain grafis, 3D Modeling, editing video, animasi studio atau yang memerlukan spesifikasi PC agar penyajian yang dihasilkan dapat 90-100% sesuai dengan skenario nyata.

PC workstation adalah jawabannya.

Untuk harga, sudah pasti relatif mahal, hanya saja bukan itu yang menjadi perhatian tulisan kali ini.

Kesampingkan dulu perihal harga, yang perlu diketahui adalah manfaat dan mengapa PC workstation begitu unggul dan pantas untuk pekerjaan multimedia?

FYI: untuk harga sebuah PC Workstation bisa mencapai 50-100 jutaan.

Ah, mending rakit atau beli PC gaming aja lah, toh bisa juga dipakai untuk multimedia, kayak ngedesain, rendering video dan 3D segala macam!

Jika terdapat pernyataan demikian, tidak juga dapat dikatakan salah.

Namun, untuk sebuah proyek yang bernilai besar hingga miliaran juta rupiah, apakah yakin sebuah PC atau laptop gaming mampu menopang operasional yang besar, kestabilan dan tahan banting?

Oke, lupakan soal perbandingan tersebut, karena apapun PC pasti mempunyai tujuan dan sasarannya masing-masing.

Khusus PC workstation yang digadang-gadang sebagai senjatanya para pekerja multimedia.

Berikut yang mesti digaris bawahi:

  1. Komputer dapat bekerja maksimal, no lag, stabil, no down, dan tahan segala macam kendala..
  2. Mampu menampilkan simulasi yang real sesuai tampil dengan apa adanya, yang dapat dikatakan real time.
  3. Pekerjaan yang tidak bisa mentolerir kesalahan sedikitpun, dalam artian presisi tepat guna.

Intinya dari ketiga poin tersebut menyiratkan kesempurnaan dalam kestabilan, mirip-mirip tanpa dosa untuk performa sebuah komputer yang mengerjakan pekerjaan multimedia.

Kabar baiknya, PC workstation unggul dan menjadi kewajiban untuk sebuah pekerjaan multimedia dalam proyek yang bernilai besar.

Contoh, seperti bengkel dan militer yang menggunakan sistem simulasi, lalu pada bagian kesehatan semua alat deteksi serta sensor mesti memiliki performa yang baik dalam kurun 24/7 waktu.

Tentu dalam urusan performa tersebut, sangat tidak mentolerir kesalahan atau dosa-dosa pc pada umumnya, seperti data korup, lag, sumber daya lemot, force close dan sebagian dosa lainnya.

Untuk itu PC workstation hadir dengan kemampuan CPU dan GPU tingkat tinggi dengan mengusung kestabilan, kenyamanan, ketepatan dan garansi special.

Rata-rata PC Workstation sudah menggunakan RAM ECC, ini bertujuan untuk melakukan deteksi dan perbaikan error otomatis pada data yang korupsi tanpa remisi. *upppsss panjang umur perjuangan

Sehingga dengan adanya RAM ECC ini, membuat performa PC terus stabil tanpa hambatan.

Alasan pekerja multmedia wajib pakai PC workstation untuk pekerjaan yang lebih baik
Sumber gambar: printscreen www.hp.com

Belum lagi, sebagian besar komputer, seperti pada PC Workstation HP sudah mengusung CPU processor INTEL XEON W atau CORE X serta diperkuat oleh GPU AMD Radeon PRO.

Beberapa Workstation yang lain juga sudah mengantongi GPU NVIDIA Quadro dan NVIDIA RTX A6000.

Dengan spesfikasi super tinggi tersebut, membuat komputer workstation mendukung kegiatan dan pekerjaan multimedia tingkat tinggi.

Apalagi untuk visual simulasi, tentu dituntut 100% real time serta stabil.

Karena satu kesalahan penampilan data saja dapat membuat fatal hasil keseluruhan proyek.

Di sisi lain, bentuk kotak PC CPU sebuah workstation juga terlihat polos dan kurang menarik apalagi sampai berlampu-lampu, karena kestabilan adalah menjadi prioritas yang utama.

Ingat, Fokus sebuah PC workstation adalah performa tanpa dosa, selamat tinggal aksesoris estetik 😊 

Terlepas dari semua itu, yang membuat PC Workstation dianggap jagonya untuk serba serbi multimedia, salah satunya adalah sudah mengantongi sertifikat ISV.

Yes, Independent Software Vendor

Dengan sertifikat tersebut, 100% di jamin kestabilannya langsung oleh pihak software, seperti dari Adobe, 3DExperience, ANSYS, ArcGIS, AutoCAD, CREO, MicroStation, NX, Revit, Solid Edge dan SOLIDWORKS.

Bagi pekerja multimedia, software-software diatas sudah tidak asing, bukan?

Misalnya, untuk mengembangkan bisnis dan teknologi zaman sekarang yang bergerak di bidang otomotif, software SOLIDWORKS sangat kapabel dan dibutuhkan untuk perkembangan tersebut.

Alasan solidworks hanya mampu dibuka menggunakan PCWorkstation
Sumber gambar: printscreen  javelin-tech.com

Terutama dalam merancang bagian-bagian parts mesin serta assembling dengan tampilan 3D yang digunakan untuk merepresentasikan part sebelum real part-nya dibuat atau tampilan 2D (drawing) sebagai gambar untuk proses permesinan.

Serta adobe premiere, bagi seorang editor, aktivitas rendering salah satu sequence yang membosankan, karena harus menunggu, sementara deadline dan revisi terus hadir menggebu-gebu?

Tidak perlu khawatir jika sudah menggunakan PC Workstation, karena untuk export video sekelas kualitas 4K serta FULL HD 60 FPS, yang berdurasi 3-5 menitan, hanya memerlukan waktu render kurang dari 5 menit, yang biasanya mungkin menghabiskan waktu berpuluh-puluh menit pada umumnya. *bahkan kerap force close

Oleh karena itu, deadline dan revisi proyek bukan lagi sebagai hambatan besar untuk seorang pekerja multimedia, seperti dalam bidang editor tersebut.

Sehingga dari kualitas serta kestabilan PC Workstation dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis dan karir dengan teknologi.

Proyek-proyek besar pun tak sabar menanti untuk bekerja sama.

Belum lagi kreatifitas karya multimedia akan senatiasa ikut berkembang, karena kemampuan spek PC Workstation leluasa mendukung apapun yang pengguna akan lakukan, dengan kenyamanan, keamanan dan garansi kestabilan tingkat tinggi.

Tidak lagi pusing memikirkan; ragu membuka software desain/editing yang berat, data error, force close, not response saat multitasking, tampilan visual yang tidak sesuai denga skenario awal dan kerusakan fisik.

Ngomong-ngomong soal kekuatan fisik, PC Workstation mayoritas sudah lolos uji MIL-STD-810G.

Sederhananya, PC yang sudah lolos tahap uji ini, akan; tahan dari kejatuhan, tahan terhadap guncangan, tahan kejutan panas serta dingin, tahan dari kelembapan, ketinggian dan beberapa kondisi ekstrim lainnya.

Beginilah model penerapan untuk tes uji coba militer pada laptop dan komputer
Sumber gambar: printscreen www.hp.com

Beberapa tes tersebut merupakan pencapaian untuk lolos uji standar militer, dimana digunakan sebagai tolak ukur suatu produk komersil yang dipasarkan, sehingga dengan patokan tersebut membantu pengguna ataupun organsasi dalam mengetahui kemampuan produk teknologi yang akan digunakan untuk bersaing dikancah industri.

Oleh sebab itu, PC workstation kerap identik terhadap suatu proyek besar.

Jika pernah berurusan atau melihat seseorang dengan PC workstation tersebut, sudah dapat dipastikan urusan yang dikerjakan adalah proyek yang bernilai tinggi, mungkin bisa ratusan atau miliaran rupiah untuk satu proyek.

Tidak terbatas hanya pada PC, ternyata untuk versi non PC, workstation juga sudah merambah kedunia mobile, tentunya dengan Laptop Desain Terbaik dari sebuah mobile workstation.

Alhasil, bagi pekerja multimedia yang memiliki jam terbang dan mobilitas tinggi di setiap kesibukannya, laptop mobile workstation menjadi solusinya.

Daftar harga laptop mobile workstation
Sumber gambar: printscreen www.hp.com

Dengan kisaran harga 20-60an juta, pengguna sudah mendapatkan sebagian besar manfaat performa workstation, seperti kestabilan, kenyamanan, kecepatan dan garansi yang tak pernah mengecewakan.

Bagi pekerja multimedia yang paham betul mengenai performa apa saja yang dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan serta proyek, apakah keunggulan PC workstation menjawab semua keresahan tersebut?

Terima kasih sudah membaca ulasan artikel ini, semoga bermanfaat.

Terima kasih.

Guido Famula
Guido Famula Bukan blogger hebat, hanya sekadar rutinitas demi terus berbagi dengan tanpa batas.

Posting Komentar untuk "Alasan PC Workstation Jadi Idaman Creator & Desainer Masa Kini"

RajaBackLink.com