Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Hasilkan Ratusan Juta Sebagai Blogger Setelah Adsense di Banned

Wow, bagaimana dengan judulnya, sudah spektakuler seperti headline kelas berbayar, belum?

Maaf bercanda

Artikel ini menceritakan saya dari nol hingga menghasilkan ratusan juta rupiah hanya dengan blogging
Ilustrasi sebagai pemanis.
Sumber: scyther5 from gettyimages.com

Tenang saja, saya pastikan informasi dan kisah ini gratis dan terbuka untuk siapa pun, agar kedepannya kamu yang membaca ini dapat memetik hikmah dan pembelajaran terkait kisah belakang layar atau sisi “gelap” saya sebagai blogger menurut pengalaman pribadi.

Tanpa mengurangi rasa hormat dan norma kesantunan, jujur saja…

Terkait pengalaman dan motivasi ini langsung dari pegiat blogging yang pernah gagal, otodidak, hancur, memetik manis hingga menuju kembali pada kehancuran, lalu mampu bangkit.

Lebay?

Yes, jika sudah masuk dalam dunia blogging, aspek-aspek lebay akan kerap kamu temui.

Atau, bisa jadi kamu sedang mengalami dan melihat ke-lebay-an itu?

Oke, lupakan, kosongkan terlebih dahulu gelas yang sedang kamu pegang sekarang.

***

Pengalaman setiap blogger itu berbeda-beda, dimana masing-masing memiliki kisahnya tersendiri, namun pastinya setiap blogger pernah mengalami masa sulit, blockwriter, jenuh dan menyerah karena realita.

Sekitar tahun 2011, momen pertama saya terjun ke dunia blogging, hanya karena bertujuan menyelesaikan tugas dari Dosen dalam membuat sebuah artikel rangkuman berdasarkan materi Fisika yang diberikan sebelumnya.

Jujur, kala itu saya berat sekali untuk memulainya, tapi lama kelamaan ternyata asik dan seru juga.

Kalau difikir-fikir, ternyata yang membuat jenuh itu ketika akan memulai atau saat sesi brainstorming, pemilihan ide dan kalimat.
Setelah momen tersebut dilalui aktivitas blogging menjadi lebih seru dan penuh candu.

Setelah tugas selesai dan artikel blog tersebut pun terbit, saya memilih untuk tidak melanjutkan, mungkin disebabkan kelabilan dari saya sendiri, atau bisa jadi belum menemukan passion blogging dalam diri saya.

Biasalah anak muda.

Kisah diatas cocok dikatakan sebagai pengalaman blogger pemula, jangan ditiru!

***

Tahun 2014, saya kembali ke dunia blogging, dikarenakan tidak sengaja menemukan kata kunci cara mendapatkan uang di internet saat googling dikala gabut.

Selain itu saya juga menemukan informasi lainnya; mulai dari ide reseller, dropship, mengisi survey, broker domain, affiliasi, ppc, blogging, jasa desain dll.

Karena saya tidak memiliki keahlian khusus selain dari menulis, saya lebih tertarik untuk kembali memulai blogging, karena kebetulan juga saya sudah banyak menulis tentang bahan ajar, soal dan materi mengenai pelajaran Fisika.

Pada kenyataannya pun, blogging itu gratis, bisa dilakukan dengan tanpa uang sepeserpun, kecuali kuota internet dan laptop

Tapi saya fikir-fikir lagi.
Jika saya lebih memilih blog tentang fisika, agaknya akan begitu sulit dan mayoritas pengunjung sekadar bertujuan men-download soal, materi dan RPP bahan ajar.

Padahal, blog download lumayan juga keuntungannya jika telah dipasang iklan shortlink, safelink atau pop up, hanya saja saat itu saya belum terfikirkan sampai kesana.

Jadi saya tahan dulu untuk ide tersebut.

Beberapa hari kemudian saya kembali mendapatkan inspirasi.

Pemicunya, dikarenakan saya pernah membuat animasi dan game sederhana dengan software aplikasi adobe flash (saat itu masih macromedia flash), tanpa fikir panjang saya memutuskan untuk memulai blog dengan topik tutorial membuat animasi dan game sederhana.

Tanggal 26 Agustus 2015, terbitlah artikel serius dari saya untuk pertama kalinya yang berjudul pengenalan dasar media flash, saking semangatnya dalam sehari itu saya menambahkan post dua artikel sekaligus, mengenai Tutorial membuat game flash mario bros.

Karena dulu menulis tidak menggunakan kaidah SEO, maka sampai sekarang tayangan artikel jadul saya hanya sekitaran belasan ribu, seperti gambar dibawah ini.

Bukti hanya dengan modal blogspot mendapatkan kesempatan yang sama untuk meraup keuntungan dari internet
Artikel pertama melalui babangflash15.blogspot.com.

Dalam beberapa minggu artikel yang saya tulis di babangflash15.blogspot.com belum ada tanda-tanda ramai pengunjung, paling banyak, sehari hanya puluhan pengunjung, bahkan pernah beberapa kali kosong kunjungan seperti kuburan malam jumat kliwon.

Oleh sebab itu saya memilih untuk belajar lagi tentang bagaimana cara membuat blog yang menarik, saya ketik melalui kolom pencarian google, lalu sesuatu yang baru muncul di kotak saran pencarian, mengenai...

Cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal

Sontak saya melakukan klik dan membaca semua informasi yang ada di halaman pertama tersebut.

Dengan hasil, terdapat banyak kesimpulan yang ada dikepala, mulai dari monetize blog, ternak blog, spam keyword, cari backlink, mempelajari google analytic dan masih banyak lagi, karena akan membosankan jika saya menuliskan itu semua.

Singkat cerita, saya berubah haluan menjadi budak uang alias menuju pada fanatik terhadap google adsense.

Gairah menulis pun hilang, didalam kepala hanya bagaimana terus page one serta cara cuan dengan blog gratisan?

Tapi, tak pernah terlintas untuk melakukan copy paste dari blog lainnya, melainkan hanya menulis ulang setiap materi-materi yang terdapat pada buku lalu menyalinnya ke dalam postingan blog.

Ya, sama saja dengan copas.

Dua blog yang saya jadikan pelajaran hidup adalah babangflash15 dan markasfisika, masih dengan subdomain blogspot.

Tips menghasilkan uang dari blog gado-gado
Artikel pertama di blog markas fisika

Masih kurang puas, saya buat satu blog lagi yang bernama jaribandel.

Untuk semua blog saya lakukan optimasi, baik dari segi on page maupun off page, tujuannya agar blog ini diterima dalam kemitraan google adsense.

Blogger mana sih, yang tidak senang jika sudah di approved adsense?

Alhasil saya gagal berkali-kali dalam pendaftaran.

Baguslah, jika saat itu saya diterima google adsense, mungkin kemampuan saya dalam blogging tidak akan berkembang dan agak mustahil bagi saya untuk mendapatkan ratusan juta itu hanya dengan melalui blog saat itu.

Beberapa bulan setelahnya, ada salah satu member blogger di facebook, membuat postingan yang berisikan penawaran saling tukar blog terhadap akun adsense kepunyaannya.

Usut punya usut ternyata yang bersangkutan memiliki satu akun adsense yang sudah full approved, alias bisa pasang dibanyak blog dan akun youtube.

FYI: dia ini berprofesi sebagai ternak akun adsense.

Disisi lain semenjak saya di tolak berkali-kali dari program adsense, saya lebih serius untuk mendalami ilmu blogging agar semua tulisan saya bisa nangkring di halaman satu google, dan pencapaian itu bisa saya dapatkan dengan lumayan baik melalui tiga blog yang dikelola sendiri.

Terkait postingan penawaran tersebut, saya tertarik untuk ikut barter, dan blog jaribandel berhasil saya tukar dengan akun adsense yang sudah full approved.

Gembiralah hati ini, bisa lebih semangat blogging dan pastinya: lebih dekat dengan cuan?

Dalam sehari penghasilan masih tergolong kecil, sekitar 20-30 ribu, tapi lumayan bagi saya yang masih pemula.

Singkat cerita ditahun 2016, saat gajian tinggal beberapa hari lagi.
Kalau tidak salah uang yang akan diterima sekitar 3 jutaan.

Makin senanglah perasaan ini, lalu iseng-iseng saya buka gmail, menemukan pemberitahuan penting dari pihak google.

Akun Anda dinonaktifkan karena terindikasi click fraud
Pengalaman pahit yang manis setelah akun google adsense di ban
Surat cinta dari google 😊

Saya pun tergamang, sembari memukul kening.

Masalah apalagi ini?

Saya cek melalui beranda adsense, ternyata memang benar, akun saya sudah di ban oleh pihak kemitraan google adsense.

Alhasil saya hanya mendapatkan ampas, dari semua usaha yang telah dilakukan.

Sejak saat itu saya memilih vakum dari dunia blogging, 3 bulan menghilang tanpa pernah menyentuh blog sama sekali, kecuali sosial media.

Intinya, setelah saya mengurus kelulusan dan mendapatkan ijazah S1, lebih baik saya fokus kerja normal saja, lupakan blog, lupakan menulis!

Membatin saya saat itu

Tapi, ya namanya passion, ada saja cara semesta memanggil untuk kembali ke dunia blogging.

***

Selepas saya berhasil memperbaiki system audio vokal aplikasi smule, saya terpanggil untuk menuliskan tutorial yang berhasil saya temukan tersebut melalui blog pertama saya, yaitu; babangflash15.

Menulislah seperti ini otomatis blog kamu akan dijadikan yang pertama oleh robot google
Keliatan pemula yang kebangetan, judul nya sampai kepanjangan hehe

Setelah selesai posting, saya biarkan begitu saja, tidak ada kegiatan share ke sosmed, tidak ada ping melalui GSC, tidak ada usaha melakukan permintaan index, pokoknya setelah klik publish, selesai!

Tiga hari setelah artikel tersebut beredar di internet, ternyata lumayan ramai dan banyak mendapatkan komentar melalui fitur widget facebook comment dan komentar blog.

Total komentar yang masuk hingga saat ini, mencapai 119 komentar

Contoh komentar blog yang baik untuk dipublikasikan

Cara mudah agar artikel blog kita mudah dikomentar orang lain

Siasat blogspot untuk meraih peringkat 1

Karena kebetulan komentar blog saya menggunakan sistem moderasi, otomatis notifikasi komentar masuk berkali-kali melalui email.

Bukti cara manual ini dapat meningkatkan kunjungan blog
Saking banyak komentar yang masuk, beberapa ada yang belum sempat saya reply hingga saat ini.

Lalu saya buka dan membaca dengan seksama, isi nya terdapat ucapan doa dan terima kasih oleh sebab tutorial yang dibagikan work di HP mereka, dan beberapa ada yang bertanya bagaimana tutorial untuk hp yang lain?

Sumpah, ini lebih mengejutkan ketimbang kabar adsense yang dibanned tempo lalu.

Memilih tenang dan objektif, saya biarkan sekitar satu mingguan, apakah traffic kunjungan blog akan terus naik atau malah turun?

Ternyata oh ternyata, kunjungan semakin bertambah, dalam sehari bisa mencapai 1000-5000an, semua rujukan berasal dari artikel tutorial smule tersebut dan organik melalui pencarian google.

Inilah cara untuk meningkatkan pencarian blog di search engine
Ringkasan trafic di tahun 2017an

Jangan remehkan kemampuan blogspot, baca ini dulu agar lebih percaya
Karena hanya bisa tracking 3 tahun terakhir,
jadi untuk tampilan search engine saya gunakan yang 2019

Step by step meningkatkan pengunjung blog di tahun 2021
Data pengunjung babang flash 2017an

Saking penasaran dan sekaligus belum percaya, saya cek menggunakan browser mode penyamaran.

Rupanya artikel tersebut berada paling atas di halaman pertama google, dan kabar baiknya belum ada satupun blogger atau media lain yang mengulas secara detail terkait masalah sinkronisasi vokal smule saat itu.

Sepertinya blog ini sedang bagus-bagusnya, jadi saya memilih untuk kembali menulis lebih serius, namun kali ini saya lebih memilih untuk menulis sesuatu yang kedepannya dapat memberikan komisi.

Iya, affiliate marketing!

Sejak saat itu, saya sama sekali tidak tergiur dengan adsense, yang terpenting menulis untuk kebermanfaatan orang banyak dan tentunya bisa menghasilkan passive income untuk diri sendiri.

***

Awal perkenalan dengan Bitcoin.

Sebelumnya saya sedang mengulik informasi yang berkaitan dengan cryptocurrency atau yang lebih dikenal dengan Bitcoin.

Koin digital saat itu masih belum mendapatkan tempat di Indonesia, dan rumornya Pemerintah Indonesia bisa kapan saja melakukan BAN.

Pada Juli 2016, saya tetap kekeh menuliskan ini, dengan judul yang sedikit menyentil, yaitu;

Google Adsense di Banned? Saatnya nambang bitcoin.

Hari demi hari, konten artikel tentang kripto perlahan naik, walaupun jarang di beri komentar oleh netizen.

FYI: Saat itu harga per 1 BTC masih sekitar 7 jutaan

Fokus konten affiliasi saya pada waktu itu, memperkenalkan situs marketplace trading pertama di Indonesia, dalam kurun waktu setahun saya telah menghasilkan kurang lebih 3000an referral.

Gambaran referral tertinggi yang ada di indodax
Bukti tampilan referral yang diperoleh

Untuk minggu pertama program referral ini hanya memberikan saya recehan, sekitar 1 – 100 rupiah, setelah banyak yang mendaftar, tepatnya pada bulan Mei 2017 ke atas komisi perhari bisa mencapai 400 ribu bahkan pernah sampai 1,8 Juta per hari.

Cara ini terbukti meningkatkan penghasilan affiliate marketing mu
Komisi diawal saat baru memulai konten affiliate marketing

Ternyata ini yang lebih menjanjikan ketimbang google adsense
Komisi harian yang saya rasa lebih dari cukup untuk hidup di Indonesia😊


Belum lagi ditambah dengan program referral lainnya, seperti faucet bitcoin, situs trading luar negeri, dan aplikasi android lainnya.

Cara meningkatkan jumlah referral yang ada di freebitcoin
Total referral di salah satu web faucet bitcoin

Jangan terlalu lengkap memberikan informasi diawal jika ingin mendapatkan perhatian pengunjung blog

Sehingga dalam sehari selama setahun itu, saya bisa mendapatkan komisi 2-3jutaan per hari, jika semua pendapatan komisi referral tersebut dijadikan satu.

Sejak saat itu, saya merasa jemawa dan terlalu ber-puas diri, dengar kata google adsense saya kerap spontan mencemooh, ibarat kata luka nya sudah mandarah daging.

Mungkin juga dikarenakan, saya belum pernah menghasilkan uang sebesar itu sebelumnya, untuk kaum menengah ke bawah seperti saya, bisa menghasilkan ratusan juta dalam 3 bulan, itu sudah seperti pencapaian terbesar.

Belum lagi, dalam ego pribadi saya menganggap pencapaian ini tidak sepenuhnya dari bantuan orang lain, orang tua, mentor apalagi privelege?

Hanya dengan bantuan google, ketekunan, jatuh bangun dan tentunya Doa, saya bisa mencapai itu dalam waktu kurang lebih 2 tahunan, hanya dengan menulis di blog.

Karena sudah merasa diatas, saya banyak melakukan kesalahan, seperti melakukan betting dan terlalu percaya dengan iming-iming investasi, yang berujung pada sia-sia dan kemalangan.

Sekitar tahun 2019 awal, saya pernah mengalami kerugian sekitar 0,07 BTC, jika dirupiahkan sekarang ini sekitar 46jutaan melayang begitu saja, oleh sebab judi!

Kekalahan tertinggi saya di multiply freebitcoin
Kalau ingat ini, kerap sedih dan menyesal, memang betul kata lagu Bung Rhoma

Setelahnya lagi, saya sempat tertipu karena mengikuti cloud mining BTC, dengan modal investasi 0,1 BTC, setelah setahun, ternyata website tersebut hilang entah kemana alias scam.

Puncak kerugian terjadi di 2019 akhir kalau tidak salah, salah satu situs trading yang saya ikuti program referralnya mengumumkan keputusan sepihak terkait aturan baru mengenai komisi, yakni;

Komisi referral hanya berlaku selama 3 bulan saja, lebih dari itu komisi akan hangus

Padahal janji diawal komisi untuk seumur hidup/lifetime?

Disitu saya dan kawan-kawan yang tergabung sebagai affiliate marah besar, sebab kami merasa untuk perkembangan situs perusahaan tersebut yang bisa menjadi besar hingga sekarang, sedikit banyak juga karena jerih payah kami yang tergabung sebagai affiliate.

Lupakan itu, akhirnya ditahun 2021, pihak situs tersebut merubah kebijakan affiliatenya, dengan menuliskan sampai batas waktu yang tidak ditentukan dan komisi pun diturunkan menjadi 10% saja.

Update komisi terbaru di indodax
Update komisi setelah aturan baru tersebut. bertepatan dengan pandemi pula😌

Sedih, tapi mau bagaimana lagi?

Aturan tetap aturan, setidaknya dengan ini memberikan pelajaran hidup.

Jangan pernah simpan telur disatu tempat

Sejak saat itu, mengajari saya untuk terus bangkit, dengan memperluas koneksi, pemahaman, dan tentunya terus mengembangkan kemampuan menulis dengan karakter sendiri.

Untuk lebih mempermudah move on, saya membuat blog baru agar bisa lebih fokus dalam pengembangan diri, serta menjadi lebih konsisten untuk menulis, yaitu blog yang kamu baca saat ini – guidofamula.com

Prestasi dan pencapaian saya sebelumnya, saya simpan sebagai patokan dasar dan kenangan untuk lebih baik kedepannya.

Setidaknya, untuk sekarang dan kedepannya, saya lebih paham dan bijak ketika melakukan aktivitas sebagai blogger.

Saya juga memahami, untuk zaman sekarang adalah tahun yang sulit bagi para blogger individu, selain bersaing dengan penulis media korporat, minat netizen dalam mencari informasi lebih cenderung ke sosial media visual 4.0, juga menjadi tantangan tersendiri.

Oleh sebab itu, siapapun latar belakang kita selain aktivitas blogging, setidaknya menyiapkan diri untuk lebih berani dan intens untuk muncul kepermukaan, seperti: melakukan personal branding di Instagram, youtube, dan yang terbaru sekarang adalah TikTok.

Jika tetap berpatokan pada pencarian banyak backlink dan komen blogwalking, itu sah-sah saja, kembali lagi dengan minat dan kebutuhan personal masing-masing, mengingat tugas untuk melakukan personal branding di sosial media, akan berkali-kali lipat lebih sulit dan akan lebih banyak menguras fikiran, ide serta waktu sebagai blogger.

Sebenarnya, masih banyak yang ingin saya bagikan mengenai pengalaman saya selama 8 tahunan ini sebagai blogger, hanya saja demi mengefisiensikan artikel agar lebih mudah dibaca, saya akhiri dulu sampai disini.

Kedepannya akan saya update mengenai sudut pandang serta belakang layar saya dalam blogging di tahun-tahun terakhir ini dengan lebih detail.

Sebagian draft sudah saya siapkan, hanya menunggu waktu dan saat yang tepat untuk saya publikasikan, mungkin kelanjutannya akan saya tulis secara berseri, agar lebih ramping dan enak di baca sembari santai.

Mohon bantuan untuk votingnya, dengan melakukan DM saya melalui Instagram @guidofamula.

Jika permintaan melalui DM, lebih dari 50+ orang, maka saya akan mempercepat proses publikasi lanjutan kisah pengalaman full time blogger ini.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan artikel inspiratif lainnya, saya rekomendasikan untuk membaca kisah yang tak kelah seru melalui situs website superapp.id, selain itu superapp juga meyediakan layanan penyaluran sembako.

Jika kamu berada dan tinggal di daerah Jawa Timur, segera ambil kesempatan ini untuk menjadi agen resminya, dijamin mendapatkan harga sembako yang relatif lebih murah dan tentunya dapatkan kemudahan layanannya dengan smartphone androidmu.

Download segera aplikasi Super - Penyalur Sembako di Jawa Timur melalui playstore.

Sekian terima kasih, semoga bermanfaat.

Guido Famula
Guido Famula Suka bercerita pengalaman traveling, digital marketing dan juga blogging :) Follow IG @guidofamula

2 komentar untuk "Pengalaman Hasilkan Ratusan Juta Sebagai Blogger Setelah Adsense di Banned"

  1. mantap mas bro pengalamannya.. ditunggu ya informasi selanjutnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mas bro, trims untuk support dan kesetiaannya menanti update terbaru. Sukses dan sehat selalu

      Hapus

Komen yang santhuy ya, jaga jari dari bahasa-bahasa Kebun Binatang, Umpatan dan bahasa jenis kelamin lainnya.

Terima kasih

RajaBackLink.com