Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Daftar Ide Bisnis Online Kreatif Anti Mainstream

kumpulan ide bisnis paling beda dan dijamin dapat dikerjakan secara langsung.

Tenang saja, untuk artikel kali ini tidak bakal ditemukan anjuran atau tips mengenai dropship, affiliate marketing, reseller, blogging, google adsense dan kiat-kiat mainstream lainnya. 😊

Sesuai dengan judul, semua yang dibagikan dibawah ini merupakan ide bisnis yang dapat dikatakan tidak umum atau lain dari yang lain.

Lain dari itu, ide-ide ini bisa dilakukan secara online atau offline + bisa langsung dikerjakan.

Disclaimer!

Karena tulisan ini merupakan draft artikel tahun 2020, bisa saja beberapa ide yang dibagikan sudah pernah diterapkan oleh beberapa orang, atau bisa jadi sudah ada yang sukses duluan dengan model bisnis dibawah ini?

Tentunya hal ini baik, karena sudah ada yang membuktikannya, jadi tak ada salahnya ikut mencoba?

Mumpung belum ramai atau viral hehe

Betul tidak?

Baiklah… ini dia...

1. Bisnis Broker Akun IG Resmi

Sebenarnya ide ini dapat diterapkan pada semua sosial media, tapi dikarenakan pengguna instagram atau yang lebih menjual sekarang (2021) ini adalah Instagram, maka ide ini lebih relevan dan lumayan mujarab untuk dilaksanakan.

Saran saja, untuk memulai bisnis ini baiknya tidak sebagai pekerjaan utama, melainkan lebih sebagai sampingan terlebih dahulu, karena ketika melaksanakannya, bisa jadi dihari-hari pertama belum mendapatkan customer.

Tekniknya sangat gampang, cukup menyiapkan sebuah akun gmail aktif tanpa nomor HP juga bisa, lalu cari nama-nama/kalimat toko/bisnis atau apapun itu yang kira-kira akan digunakan oleh orang banyak atau brand besar nantinya.

Misalnya Go-To, sebelum rilis sudah banyak mereka/netizen yang pandai membaca peluang lalu membuat sebuah akun tersebut menjadi @goto , dengan menulis info “username ini dijual” melalui bio profil.

Beberapa nama akun yang paling banyak dicari untuk membuat akun instagram
Disclaimer: beberapa akun tersebut bukan milik saya.

Harganya relatif tinggi, untuk nama gotofinance misalnya, ada yang membandrol sekitar 5 – 100 juta rupiah.

Jual beli akun instagram keuntungan serta kekurangannya
Harga yang cukup fantastis dan tidak masuk akal hehe

Wow, hanya sekelas username ig saja, pihak brand mesti membayar lebih untuk seputaran eksistensi sosial media brandnya?

Terlepas ini melanggar hukum atau tidak, ya namanya peluang, kadang yang terpenting mulai dulu, toh walaupun ini termasuk ide anti mainstream, banyak juga beberapa netizen yang melakukan itu.

Lagi pula username yang digunakan tersebut hanya untuk parkir saja, bukan digunakan untuk penipuan atau perihal komersil yang berkelanjutan.

Silahkan dicoba 😊

2. Bisnis Jasa Surprise Ulang Tahun

Ide bisnis ini terinspirasi ketika saya sedang asyik merenung terkait bagaimana cara memberikan kejutan ulang tahun kepada Istri.

Karena jujur saja, saya kurang piawai untuk meng-organize kejutan ultah yang mengesankan, alhasil saya mencari informasi tersebut disetiap lini sosial media, baik IG, facebook, youtube hingga ke pencarian google.

Hasilnya nihil, yang ada hanya jasa penyewaan EO (event organizer), bukan ini yang saya cari.

Sebab yang saya butuhkan hanya ide, plan and desain terkait bagaimana cara memberikan surprise ultah pada orang yang dicintai, entah itu sedikit prank atau apalah itu, yang penting bagaimana dia yang ultah saat itu merasa berkesan dan bahagia berkat surprise yang diberikan.

Oleh sebab itu, sepertinya Ide Jasa Surprise Ulang Tahun bisa dijadikan bisnis jangka panjang, mengingat terbilang masih sedikit yang membangun bisnis anti mainstream ini, cara branding, jenis konten dan promosi nya pun, sepertinya lumayan mudah untuk dilakukan.

Bahkan bisa dimulai dengan tanpa modal, karena bisa dilakukan bagi hasil bersama partner/teman yang turut andil dalam setiap surprise nantinya.

Bagaimana tertarik mencoba bisnis surprise ulang tahun? 😊

3. Bisnis Jasa Penulisan Caption Sosial Media

Walaupun jasa ini kadang satu paket dengan jasa admin sosial media, tapi bukan tidak mungkin mereka juga membutuhkan stimulus/ide terkait kepenulisan caption sosmed.

Mengingat dewasa ini, caption merupakan salah satu yang tak kalah penting dalam upaya promosi/branding di sosial media, apalagi di Instagram?

Bagi yang piawai dan terbiasa bercerita melalui kata, ide bisnis ini bisa dikerjakan dengan cara menyenangkan dan tidak terikat dengan jam kerja, dalam artian bisa dimasukan dalam kategori sampingan dulu.

Bisa juga membuka lapak Jasa Penulisan Caption melalui laman Fastwork sebagai freelancer.

4. Bisnis Jasa Sewa Buku Antar Jemput

Dimasa pandemi ini, banyak perpustakaan tutup dan menghentikan sebagaian besar operasionalnya, oleh karena itu peluang ini bisa diambil dengan tambahan layanan Antar Jemput buku.

Bagi yang memiliki banyak koleksi buku, ide ini cocok sekali untuk menambah pemasukan atau dijadikan bisnis jangka panjang, mengingat momen pandemi ini membuat sebagian besar orang-orang lebih memilih di rumah saja dengan membaca buku.

Bagi mereka yang suka membaca buku, tentunya membosankan jika hanya berkutat pada buku-buku itu saja, tentu membutuhkan jenis/buku baru?

Dengan tujuan mengentaskan kebosanan mereka, bisnis antar jemput buku ini bisa diterapkan, dalam artian target pasarnya disekitaran kota tempat tinggal terlebih dahulu.

Jika tertarik, hal pertama yang mesti dilakukan adalah dengan mengumpulkan terlebih dahulu semua buku-buku yang dimiliki, lalu lapis bungkus dengan sampul plastik, diberi penanda, cetak kartu anggota, promosi dan berbisnislah dengan baik serta berkelanjutan 😊

5. Bisnis Jasa Moderator Online

Ide mainstream yang satu ini berdasarkan referensi dari profesi seorang MC dan moderator seminar offline, hanya saja saya sempat berfikir, bagaimana untuk mereka yang sedang melakukan seminar online, dari mana mereka bisa mendapatkan moderator?

Apalagi mereka yang sedang memberikan materi online via zoom tersebut adalah orang pribadi/perseorangan, alias tidak memiliki tim, tentu membutuhkan seorang moderator bukan?

Agar setiap materi dan sesi tanya jawab dapat berlangsung dengan kondusif dan tertib.

Apalagi, ketika terdapat kelas debat ilmu via zoom atau webinar, tentu kehadiran moderator menjadi sangat vital dan penting.

Bagi yang ingin memulai, tapi tidak memiliki kemampuan public speaking yang cukup baik, tenang saja, ketika sedang ada tawaran dari jasa tersebut, bisa coba menawarkan pada relasi sekitar atau jasa freelance yang bersedia dengan jobdesc moderasi tersebut.

Simpel bukan?

6. Bisnis Jasa Review Produk Marketplace

Dari namanya sudah diketahui, target calon konsumen adalah para seller/penjual di marketplace, dan sebuah review positif merupakan salah satu yang sangat berdampak baik untuk toko mereka.

Banyak yang berupaya memberikan testimoni palsu, hanya saja untuk dilakukan sendiri oleh seller, hal tersebut lumayan sulit serta beresiko tinggi akun toko mereka untuk di ban oleh sistem.

Oleh sebab itu, ide bisnis ini muncul, dengan asumsi range harga produk disesuaikan atau dibuat semurah mungkin, karena akan dilakukan fake order dalam jumlah tertentu + akun-akun pembeli tertentu, barulah testimoni diberikan sesuai dengan orderan yang dibuat sebelumnya.

Apakah barang yang dikirim mesti dengan barang asli?

Oh tidak juga, untuk pack barang bisa disiasati dengan sesuatu yang tak bernilai, entah itu plastik, kertas atau kardus yang berisi kertas bekas.

Bagaimana untuk menampilkan foto testimoni, jika yang dikirim adalah barang palsu?

Tenang saja, pastikan klien sudah mengirimkan foto real terkait produk tersebut, jadi pada saat memberikan testimoni, foto yang di upload adalah gambar yang sudah dikirim klien/penjual produk tersebut.

Bagaimana, mudah bukan? 😊

7. Bisnis Jasa Desain Video Portofolio

Untuk bisnis ini, agar lebih mudah dalam pengerjaan dan banyak pilihan animasi, disarankan menggunakan canva, gunakan saja template yang sudah tersedia di bagian Video Portofolio.

Lalu ubah warna, kata-kata dan video yang diinginkan sesuai dengan permintaan klien.

Jika sudah piawai menggunakan software lainnya, seperti Adobe Premiere, Vegas Pro atau After Effect, tak ada salahnya juga menggunakan software-software tersebut untuk membuat desain video portofolio tersebut.

Bisnis ini cocok sekali kepada target konsumen yang sedang tahap branding di sosial media, atau digunakan sebagai media pendukung untuk syarat melamar pekerjaan.

Karena jenis CV atau portofolio yang potrait sudah terlalu mainstream, tak ada salahnya mencoba untuk menjual yang menggunakan versi video.

Setidaknya, calon HR yang menerima file tersebut akan lebih mudah tertarik, sebab visual yang lebih mudah untuk terbaca dan indah untuk dilihat.

Disclaimer: mungkin dibeberapa Perusahaan masih belum dapat menerima jenis video portofolio

8. Bisnis Jasa Joki Peserta Webinar

Dewasa ini semakin banyak netizen yang berlomba-lomba untuk menjadi coach, trainer atau content creator melalui sosial media.

Tidak dipungkiri juga beberapa dari mereka ada yang beranjak dari nol, dalam artian pernah mengalami situasi kuburan, misalnya kontennya sepi dari komentar, belum ada yang DM, kelas belum banyak laku dan pastinya belum terkenal.

Nah.. untuk itu mereka butuh suatu agency yang dapat membantu mereka untuk lebih muncul kepermukaan, yaitu salah satunya Joki Peserta kelas/webinar.

Tentu ini melibatkan banyak pihak untuk menjadi peserta webinar tersebut?

Yes benar, oleh sebab itu mereka membutuhkan agency ini.

Masalah atau PR-nya nanti, bagaimana cara menerapkan ide bisnis ini dengan bergandengan banyak joki yang bersedia untuk bekerja sama.

Apakah dengan bagi hasil kepada peserta joki?

Apakah membuat akun fake untuk join kelas webinar?

Semuanya sah-sah saja, asalkan sistem dan peraturan diberitahukan diawal.

Dengan adanya kelas tersebut, anggap saja itu merupakan kelas pertama yang berhasil dibuat oleh coach/klien tersebut, setidaknya coach sudah mempunyai bukti testimoni dan rekam jejak positif terkait dengan kelas/jasa yang sedang dibangunnya.

Tentu ini berdampak baik terhadap branding dan citra para coach tersebut, bisa jadi kedepannya mereka/klien melakukan repeat order, agar coach tersebut semakin lebih mudah muncul kepermukaan dan menemukan banyak prospek.

Bagaimana, tertarik untuk membuka Agency Joki Peserta Webinar ini?

9. Bisnis Jasa Pembuatan Ittinerary

Percayalah, walaupun liburan ditempat orang itu menyenangkan, tentu ada kesulitan tersendiri dalam memanajemen, entah itu waktu, lokasi wisata, tempat makan, tempat menginap dan informasi lainnya.

Siapapun yang baru pertama kali mengunjungi suatu kota, pasti belum memiliki banyak informasi, terlepas dari dia suka membaca informasi atau tidak.

Namun tetap saja, mereka yang baru akan kesulitan melakukan manajemen liburan, tak heran banyak yang kelihatannnya senang setelah liburan, tapi usut punya usut masih terdapat kekecewaan.

Entah itu karena sempat tertipu untuk membeli sesuatu yang mahal, penginapan yang jauh dari lokasi wisata, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, Jasa Ittin cukup dibutuhkan bagi para pelancong.

Buat Ittin yang sedemikian lengkap beserta update harga penginapan/rekomendasi, harga makanan, tips lengkap untuk menghindari scam, harga masuk lokasi wisata, rekomendasi spot foto, saran tempat wisata, dan semua tetek bengek apapun yang ada dilokasi tersebut, masukkan semuanya kedalam 1 ittin paket lengkap.

Sehingga pegangan ittin tersebut, dapat membantu para wisatawan berlibur dengan manajemen baik, terkontrol, tidak molor, tidak salah menignap dan pastinya meminimalisir terandung penipuan.

Mindset awal, bagi mereka yang melakukan liburan, dapat dikatakan sebagian besar adalah kaum menengah ke atas, untuk menawarkan jasa ittin tersebut bukanlah sesuatu yang mahal bagi mereka, bisa saja dipatok seharga 50-100ribu untuk 1 paket iitin lengkap beserta jam-jamnya.

Value yang menjadi nilai jual dalam paket ittin tersebut adalah update terbaru, sehingga ittin tersebut dapat relevan mereka gunakan kapanpun.

Ittin bisa berbentuk binder, PDF, atau Salinan teks yang bisa dikirim by Whatsapp, apapun itu yang terpenting isi ittin tersebut dapat mereka akses dengan mudah, walaupun tanpa internet sekalipun.

Bagaimana, tertarik mencobanya?

10. Bisnis Jasa Komentar Sosial Media

Sebenarnya bisnis ini sudah ada yang memulai, seperti rajakomentar.

Namun hingga sekarang bisnis ini tepatnya di tahun 2021 masih belum terlalu banyak pesaing, jika dimaksimalkan tentunya bisnis ini memiliki ceruk dan pasarnya tersendiri, seperti; content creator, akun jualan, akun publish (repost) dan semuanya yang sedang dalam tahap branding awal.

Dikarenakan pengoptimalan akun sosial media, seperti Instagram masih mengedepankan banyaknya engagement atau interaksi, sehingga bisnis jasa komentar ini relevan untuk permintaan tersebut.

Tak perlu membuat banyak akun untuk melakukan ini, salah satu cara lain yang bisa diterapkan adalah dengan membuka agency seperti rajakomentar, jadi tugasnya seperti marketplace, mempertemukan pembeli dan penjual/freelancer.

Pembeli mereka yang ingin membeli komentar natural, penjual/freelancer mereka yang mengerjakan setiap orderan komentar tersebut.

Mudah bukan?

Siapa yang mau coba?

11. Bisnis Jasa Cover Lagu

Bagi musisi baru, terutama indie, tentu melakukan berbagai upaya untuk memasarkan lagu ciptaannya, dimulai dari promo lewat Instagram, youtube hingga ke facebook.

Walaupun cara-cara promosi tersebut masih tetap work bahkan lebih powerfull, ternyata ada satu cara softselling yang baik dalam menjual/memperdengarkan lagu ciptaan tersebut agar lebih terkenal.

Yes, dengan melakukan cover !

Hanya saja, player cover lagu tersebut bukanlah si pembuat lagu itu sendiri, melainkan orang lain.

Hal ini masih termasuk dalam ranah social proof, semakin ramai yang mengcover, maka semakin terkenal lagu tersebut, betul tidak?

Nah, bagi yang sudah memiliki follower banyak atau memiliki agency, tak ada salahnya membuka jasa sampingan cover lagu untuk promosi, semakin banyak yang mengcover lagu tersebut, pihak mesin pencari youtube atau pun explore Instagram bakal banyak memutar lagu tersebut.

Oleh demikian, tujuan pembuat lagu dapat lebih mudah tercapai untuk lagunya lebih terkenal dan cuan 😊 

12. Bisnis Jasa Proofreading Karya Ilmiah

Biasanya proofreading hanya seputaran buku-buku fiksi dan non fiksi, seperti novel dll.

Pada kali ini, kenapa tidak mengerucutkan target hanya pada karya ilmiah, dalam hal ini Skripsi, tesis atau disertasi?

Jadi sasaran dari bisnis ini adalah para akdemsisi atau mahasiswa, dimana tugas dari bisnis ini meliputi review, kesesuaian kata, tanda baca dan memeriksa kemungkinan kesalahan ejaan lainnya.

Dan disini pun tugas dari proofreading bukanlah melakukan pembuatan skripsi/karya imliah dari nol, tugas proofreading karya ilmiah hanya sebatas screening atau mereview, yang lebih kepada linguistik dan susuanan kata karya tugas akhir tersebut.

Tentunya tidak melanggar hukum atau plagiarisme bukan?

Anggap saja seperti media/teman sharing.

13. Bisnis Jasa Pembuatan Jingle Produk

Wah, ini agak berat sih.

Tapi semakin tinggi tingkat kesulitannya, maka semakin besar juga cuannya, betul tidak?

Jadi, tujuan usaha/bisnis ini bagaimana caranya untuk membuat sebuah lagu jingle, hanya 1 bait + reff saja.

Susunan lirik dan konsep harus sesuai dengan permintaan klien dan brand/produk yang akan dibuatkan jingle.

Misalnya, SCTV satu untuk semua….

Simple bukan?

Tapi tidak dengan prosesnya, karena untuk menelurkan sebuah karya merupakan suatu hal yang sulit dewasa ini, mengingat sudah banyak begitu ragam nada yang sudah terpublikasikan, baik yang sudah terdaftar di HAKI atau yang unknown.

Karena sulit itu lah, bisnis ini bisa masih terus dianggap anti mainstream, alangkah lebih baik dibuatkan suatu team untuk menggarap proyek pembuatan jingle, atau melibatkan suatu agency agar lebih mudah dan cepat.

Untuk perihal harga, per proyek bisa jutaan, bahkan ratusan juta rupiah untuk skala professional.

Gak percaya?

Coba saja minta buatin 1 jinggle sama Ahmad Dhani atau Indra Lesmana, kira-kira berapa tarifnya? 😊

14. Bisnis Jasa Backsound Signature

Sedikit mirip dengan jasa pembuatan jingle, hanya saja ini lebih kepada backsound atau suara khas, misalnya seperti jargon suara “Traveloka Dulu”.

Nah, jadi backound ini lebih dititik beratkan pada karakter, semakin kuat karakter terhadap apa maunya klien, maka semakin besar nilai closingan yang didapat.

Oleh sebab itu, bisnis seperti ini lebih baik diikerjakan bersama team, semakin ramai talen maka semakin banyak pilihan untuk klien pilih, tentunya penjualan akan meroket tajam?

15. Bisnis Jasa Transfer ke Semua Bank

Model usaha ini dapat dikatakan agak kuno, tapi masih dianggap relevan, apalagi melakukan usaha ini dilokasi 3T (tertinggal, terdepan dan terisolir).

Konvensionalnya, bisa dimulai dengan membuka banyak rekening bank umum, seperti BRI, Mandiri dan BPD daerah masing-masing, hanya saja model cara begini membutuhkan dana yang tidak sedikit, nominal saldo didalam Bank juga menjadi pertimbangan untuk kelangsungan bisnis ini.

Cara kerjanya untuk didaerah 3T, misalnya ada salah seorang warga ingin melakukan transfer bank, tidak perlu jauh-jauh ke kota atau area pasar, cukup serahkan kepada Anda yang menggeluti bisnis jasa ini.

Anda cukup mematok biaya jasa 10-20ribu saja atau berdasarkan persenan nominal transfer, metode dirasa masih masuk akal, mengingat daerah 3T mayoritas masih memiliki akses jalan yang buruk untuk menuju kota.

Keterbatasan sinyal internet juga menjadi pertimbangan.

Sehingga dari pada mengeluarkan lebih banyak biaya perjalanan, seperti bensin, suku cadang kendaraan dan makan minum, lebih baik mengeluarkan biaya 10-20 ribu saja kepada Anda, toh lebih cepat dan tidak buang-buang energi?

Anda untung dan klien/warga setempat merasa lebih terbantukan.

Misalnya ribet menggunakan banyak rekening bank, Anda bisa mensiasati hal ini dengan menggunakan aplikasi FLIP.

Aplikasi ini berguna untuk memangkas/gratis biasa transfer ke semua bank yang terdaftar, seperti BCA, Mandiri, BRI, BNI, BSI dan lain-lain.

Jadi, Anda cukup memiliki 1 rekening saja untuk transfer kemana saja.

Faktanya lagi, kebanyakan warga desa atau yang belum melek online, masih jarang memiliki mobile banking, alias masih terbiasa transfer via ATM atau teller, maka Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk saling membantu.

Misalnya biaya transfer normal 6500, Anda bisa memulai dengan biaya jasa 5ribu, toh transfer uang ke rekening mana saja menggunakan flip adalah gratis.

16. Bisnis Training Bela Diri Private (Samsak hidup)

Umumnya latihan bela diri biasanya berdasarkan kelompok di dalam Dojo atau gym, nah karena saat ini masih situasi pandemi, kenapa tidak menawarkan jasa private atau menawarkan sebagai partner, seperti; sparing partner, membantu memegangi paching pack, atau mentor pribadi.

Untuk model bisnis ini hanya cocok bagi Anda yang memiliki sertifikat bela diri atau pengalaman matang, karena ini menyangkut fisik, jadi disarankan Anda sedikit banyak sudah kapabel menangani bidang ini.

Mau itu Silat, Tae Kwon Do, Karate, Judo, Kempo, Tarung Derajat atau Boxing, semuanya memiliki kesempatan yang sama untuk membuka Training Bela Diri private.

Mudahkan klien, dengan menyajikan alat dan perlengkapan yang lengkap, sehingga klien hanya perlu mempersiapkan diri tanpa perlu pusing dengan alat dan perlengkapan bela diri tersebut.

Bagaimana pelatih?

Siap melakukan private #dirumahaja?

Demikian penjelasan 16 ide bisnis online anti mainstream, tertarik untuk mencoba?

Saya tunggu progressnya 😊

Terima kasih, semoga bermanfaat.

*Mohon maaf, postingan kali ini sangat minim postingan gambar/ilustrasi.
Guido Famula
Guido Famula Bukan blogger hebat, hanya sekadar rutinitas demi terus berbagi dengan tanpa batas.

Posting Komentar untuk "16 Daftar Ide Bisnis Online Kreatif Anti Mainstream"