Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Utilitas Untuk Awam Crypto & NFT - Agar Tidak Salah Beli

Tips dan tutorial menilai suatu koin apakah layak beli dan di investasikan?
Indikator untuk mencari info utilitas masing-masing aset digital

Hati-hati bagi yang baru memulai dalam dunia crypto atau NFT, tidak disarankan untuk menggelontorkan banyak uang untuk investasi atau trading disana, sebelum benar-benar paham dan tentunya sudah mempertimbangkan segala resiko.

Untuk jenis koin crypto atau aset digital, yang sekarang ini semakin banyak bermunculan koin-koin selain Bitcoin yang bisa diperjual-belikan, alhasil semakin banyak pula netizen yang kebingungan dibuatnya, seperti pemain senior, apalagi pemain baru?

Belum lagi, sekarang lagi heboh dengan istilah koin atau token artis, yang notabene belum atau tidak sama sekali memiliki utilitas, jadi dapat dipastikan dari awal launching (setelah ICO) hanya berpatokan pada trust si artis pemilik koin tersebut.

Apakah ini salah?

Oh tentu tidak, hanya saja hal tersebut berpotensi menjadi bola liar seiring dengan kemajuan branding koin tersebut, bahkan sudah ada beberapa netizen awam yang menyesal karena sudah menginvestasikan uang yang tidak sedikit karena memborong koin artis tersebut, dengan penuh harap sesegera mungkin mendapat return yang tinggi setelahnya. 😆

Ternyata kenyataannya, malah lose dan belum memiliki mental yang baik untuk melakukan hodl, jadinya jual rugi. huft! hahaha
Disclaimer: tulisan ini tidak ada niat menyudutkan atau menjelekkan koin-koin digital besutan para artis, dapat dikatakan hanya sebatas ulasan dan sharing kepada teman-teman, agar lebih mempertimbangkan segala aktivitas dalam melakukan investasi, apapun itu, mau saham, crypto, reksadana, deposito, NFT, arisan dan lain sebagainya, intinya paham akan resiko.

Mengapa saya menyinggung perihal utility atau utilitas pada koin-koin baru sekarang?

Karena dijamin ini penting, simak sampai tulisan ini selesai, gak panjang kok :)

***

Utilitas pada aset digital adalah manfaat atau dampak yang didapat oleh investor atau si pembeli koin tersebut, utility berbeda dengan istilah siapa dibelakang atau si pembuat koin tersebut.

Misalnya, saya memutuskan untuk membeli 10 ETH dari situs marketplace koin A, setelah 10 ETH tersebut masuk ke wallet digital, saya melakukan pembelian di situs opensea untuk membeli 1 - 2 desain NFT.

Lanjut pada proses pembelian NFT, anggap saja ada sebuah gambar/desain sepatu joging berupa digital di marketplace opensea, seharga 1 ETH.

Dengan keterangan bagi siapapun yang membeli sepatu ini dapat mengikuti game lari marathon yang dapat ditracking melalui smartphone, dengan pencapaian beberapa KM, saya sebagai pembeli sepatu tersebut mendapatkan sejumlah hadiah koin digital, lalu koin tersebut memiliki nilai untuk di perdagangkan kembali atau membeli beberapa equipment lagi untuk menunjang permainan tersebut.

Dari contoh NFT tersebut, utilitasnya cukup meyakinkan calon investor/pembeli untuk membeli dan bergabung pada permainan tersebut, lain dari pada itu para pembeli menjadi termotivasi untuk lebih sehat dalam berolahraga.

Jadi utilitas NFT sepatu tersebut adalah game to earn (peserta joging dengan pencapaian KM tertentu akan mendapatkan hadiah/komisi berupa crypto/timbal balik lainnya)

Jadi, apa itu utility / utilitas?
Simpelnya disebut Daya Guna menurut wikipedia.
Daya guna, nilai guna atau utilitas dalam bidang ekonomi adalah nilai kepuasan atau manfaat yang diterima seorang konsumen dari suatu barang atau jasa yang ia konsumsi.
Siapapun boleh membuat utilitas ini, dengan syarat keterbukaan informasi atau yang biasa dikenal dengan istlah whitepaper dan road map, memperkenalkan siapa-siapa saja team yang ada dibelakang proyek NFT atau crypto tersebut.

Sebagai calon investor kripto dan NFT, kamu juga memiliki hak untuk mengakses whitepaper bersangkutan, karena isi dari whitepaper tersebut akan tertuang segala masalah, perencanaan, apa yang sudah ada, visi dan misi proyek NFT tersebut, sehingga dengan adanya whitepaper mempermudah analisa fundamental bagi calon pembeli.

Sederhananya proyek NFT atau Koin digital pasti memiliki sebuah rumah website yang dapat diakses dengan mudah oleh para investor dan netizen.

Jika kamu menemukan sebuah NFT atau kripto yang sulit sekali untuk menelusuri situs website, whitepaper dan (tidak jelas) unknown, sudahlah tak perlu pusing menerka-nerka utilitas apa yang digemborkan, biasanya hal seperti ini rentan pada SCAM (penipuan).

Setelah mengetahui semua keterangan utilitas, ada baiknya untuk mengikuti perkembangan proyek tersebut, biasanya mereka cukup aktif di forum-forum discord dan sosial media twitter, jangan kaget jika hampir setiap minggu mereka kerap mengadakan giveaway bagi para follower "bersyarat".

Ingat, jangan terpengaruh dengan giveawaynya, tetap fokus dengan proyek/utility yang sedang mereka jalankan, semakin ramai perputaran proyek yang dijalankan, maka akan semakin tinggi nilai koin atau valuasi NFT yang sudah tersebar, otomatis kamu cocok memilih NFT tersebut.

Seandainya sudah mengetahui dan tertarik dengan utilitas yang ditawarkan tersebut, selanjutnya pemilik aset dapat mengikuti serta menganalisa jalannya utilitas tersebut, apakah sudah berjalan dengan baik, diterima dengan baik, dan pastikan komunitas didalamnya 100% manusia (bukan bot).

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait utilitas crypto dan NFT, para investor dan calon dapat mengetahuinya langsung melalui situs resmi Coin Market Cap, pada website tersebut menyajikan banyak konten serta info komoditi digital nft dan kripto.

Setiap komoditi yang terdaftar, sebagian besar sudah memiliki website official yang menyajikan info tentang (about), panduan, dan whitepaper sebagai analisa dasar calon untuk melakukan investasi pada NFT atau koin tersebut.

Perlu diketahui juga, pada laman Coin Market Cap tersebut akan menyajikan urutan trending, komoditi baru, biggest gainers dan masih banyak lagi info penting lainnya, salah satunya dapat langsung melihat kondisi market cap, volume koin, tentunya penting sebagai dasar analisa valuasi koin kedepannya, sehingga dapat meminimalisir kerugian dan kesalahan investasi.

Pada dasarnya, pemahaman utilitas digital sangat berpengaruh kepada calon investor dan trader, jual dan beli di saat yang tepat.

Jadi, hati-hati dengan bubble atau fomo koin-koin artis atau publik figur lainnya yang sedang trend.

Baiklah, berikut rekap dari ulasan kali ini mengenai utilitas NFT & Kripto.
  1. Utility merupakan daya guna atau yang akan kamu dapatkan, rasakan, berguna, memiliki nilai.
  2. Mengetahui utilitas dengan membaca whitepaper
  3. Waktu yang cocok untuk mengetahui utilitas kripto / NFT adalah pada saat sebelum membeli.
  4. Memastikan utilitas sudah berjalan dengan baik, pastikan member-member 100% manusia.
  5. Menggunakan patokan informasi coin market cap untuk menganalisa utilitas suatu aset digital.
  6. Hati-hati dan lebih kritis terhadap koin digital artis atau publik figur lainnya, tetap fokus dengan utilitasnya, kalau utility tidak ada, saran terbaik jangan dibeli, kecuali kamu jago memainkan pasar dan trader kilat.
Sekian terima kasih.

Next kita bahas lagi terkait info crypto, NFT, aset dan kreatif digital lainnya.
Guido Famula
Guido Famula Sebatas berbagi tips, cerita, dan pengalaman semoga berguna bagi kamu para pembaca

Posting Komentar untuk "Pengertian Utilitas Untuk Awam Crypto & NFT - Agar Tidak Salah Beli"